Terbuat dari Bahan yang Sama, Ini yang Bedakan Thai Tea dan Milk Tea

Terbuat dari Bahan yang Sama, Ini yang Bedakan Thai Tea dan Milk Tea
Perbedaan milk tea dan thai tea. (Sahabatnestle)

Akhir-akhir ini thai tea digandrungi masyarakat Indonesia. Minuman asal Thailand itu sebenarnya punya penampilan dan bahan baku yang sama dengan milk tea, tapi thai tea punya kekhasan tersendiri. Berikut perbedan milk tea dan thai tea.

Inibaru.id – Teh adalah minuman yang paling umum dikonsumsi di Indonesia. Minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin dengan tambahan gula secukupnya. Selain itu, teh juga bisa dicampur dengan susu atau krimmer seperti milk tea. Ada pula thai tea yang belakangan ini melejit di kalangan anak muda.

Bili ditelisik, milk tea dan thai tea memiliki bahan baku yang sama, yaitu teh dan susu. Teh yang digunakan bisa berupa teh hijau atau teh hitam. Jenis itu dipilih karena dinilai sehat untuk tubuh karena kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, dan dapat meningkatkan kepadatan tulang. Susu juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, magnesium, asam lemak tidak jenuh, dan lain-lain.

Kendati terlihat sama, rasa thai tea berbeda dengan milk tea, Millens. Ini thai tea ditambah dengan sejumlah bahan lain seperti rempah-rempah vanila, kapulaga, dan bunga lawang. Teh yang digunakan untuk membuat thai tea pun menggunakan teh hitam khas Thailand. Sementara itu, susu yang digunakan adalah susu yang diuapkan, susu kental manis, krimmer, dan gula.

Cara pembuatan thai tea dan milk tea juga berbeda. Pembuatan milk tea terkesan mudah karena kamu hanya perlu menyeduh teh lalu menambahkan susu. Beberapa kedai juga menyediakan topping tambahan seperti bubble atau jelly. Sementara untuk thai tea, kamu perlu menyeduh teh Thailand lalu menambahkan air larutan rempah, susu, dan krimmer. Kemudian campuran tersebut diaduk hingga merata dan sedikit berbusa.

Thai tea dan milk tea juga memiliki perbandingan harga yang cukup berbeda jauh. Milk tea rata-rata lebih murah yakni berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 8 ribu, sedangkan Thai Tea dihargai mulai Rp 15 ribu.

Meski rasanya enak dan manis, mengonsumsi teh yang dicampur susu seperti milk tea atau thai tea terlalu sering nggak baik buat kesehatan lo, Millens. Teh yang dicampur dengan susu disebut akan mengganggu aktivitas antioksidan kasein yang ada dalam teh.

Hayo, kamu lebih suka milk tea atau thai tea nih? (IB07/E04)