Bosan Makan Daging? Nikmati Mendoan Purwokerto dari Toko-Toko Legendaris Ini, kuy!

Bosan Makan Daging? Nikmati Mendoan Purwokerto dari Toko-Toko Legendaris Ini, kuy!
Mendoan Purwokerto. (Travelingyuk.com)

Murah, lezat dan “lokal” banget, itulah mendoan. Purwokerto, salah satu kabupaten yang dikenal sebagai empunya mendoan, punya tempat legendaris yang bisa menjadi rujukanmu untuk mendapatkan mendoan enak. Mana saja?

Inibaru.id - Mendoan, salah satu jenis gorengan berupa irisan tempe berbalut tepung bumbu, merupakan camilan yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Untuk menikmatinya, kamu bisa meracik sendiri bumbunya atau membeli tepung bumbu instan yang banyak dijual di pasar atau minimarket.

Namun, kalau pengin merasakan mendoan dari kota yang dikenal sebagai empunya mendoan, datanglah ke Purwokerto, Jawa Tengah. Di sana, rasa dan bentuknya memang autentik. Berbeda dengan kebanyakan mendoan yang agak krispi, kamu bakal menemukan mendoan "setengah matang" di Purwokerto.

Mendoan, dari kata "mendo" yang dalam bahasa Banyumasan berarti lembek atau setengah matang. Ya, mendoan memang digoreng setengah matang. Di Purwokerto, ada beberapa tempat yang terkenal dengan mendoan enaknya. Biar nggak salah alamat, catat dulu alamatnya ya, Millens!

Toko Sawangan Nomor 1

Mendoan Sawangan 01. (Merdeka.com)

Mendoan di tempat ini jelas nggak kriuk. Namun, jangan salah, tempe dengan tepung yang digoreng nyaris setengah matang ini justru klop banget jika kamu cocol ke kecap manis pedas. Catat, lokasinya ada di Jalan Jendral Sutoyo 23, Kedungwuluh, Purwokerto.

Mendoan Mirasa

Mendoan Mirasa. (instagram.com/lidiarostiati)

Lokasi Toko Mirasa berada nggak jauh dari Alun-alun Purwokerto. Kamu bisa mampir ke sana hanya dengan berkendara sejauh 500 meter. Ada berbagai jajanan khas Purwokerto di sana, tapi mendoan adalah salah satu jajanan yang wajib kamu coba. Yap, konon, di tempat itulah mendoan kali pertama dijual. Legend nih!

Mendoan Eco 21

Mendoan Eco 21. (Instagram.com/brendanatasya)

Di tempat ini, kamu bisa melihat proses pembuatan mendoan mulai dari membumbui hingga mengemas. Kalau pengin menyantap mendoan langsung di tempat juga bisa saja. Mendoan Eco 21 berlokasi di dekat Museum Uang, yakni sekitar Jalan Jenderal Sudirman.

Mendoan Kriuk Baturraden

Mendoan kriuk Barurraden. (Instagram.com/ilhamwahyualf)

Menikmati hawa sejuk di sekitar Baturaden sambil menyantap mendoan kriuk Bu Ripah sungguh perpaduan yang sempurna. Bersama sambal kecap, secangkir kopi dan orang tersayang di samping pasti bikin kunjunganmu ke sana berkesan, Millens!

Gimana? Perut sudah melilit minta dikasih mendoan? Mumpung liburan, gas ke Purwokerto, kuy! Jangan makan daging terus, Millens, bosan! Ha-ha. (IB20/E03)