Martabak Keju Oyon Semarang, "Sajen" Sempurna Gaet Hati Bakal Mertua

Senjata ampuh memperlancar komunikasi dengan mertua, dialah martabak. Kuliner ini memang kerap kali dipilih sebagai buah tangan pas mau apel.

Martabak Keju Oyon Semarang, "Sajen" Sempurna Gaet Hati Bakal Mertua
Martabak Oyon. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Siapa yang bisa menolak aroma lelehan mentega di atas adonan martabak yang baru saja matang? Ditambah dengan parutan keju yang melimpah dan lumer kental manis, tumpukan-tumpukan maha nikmat itu memang nggak bisa ditolak lidah.

Bagi saya, martabak keju adalah lipatan-lipatan manis menyenangkan di malam hari. Yap, makanan dari bahasa Arab, muttabaq yang artinya terlipat itu nggak hanya bikin senang perut, tapi juga ampuh merebut hati calon mertua. Ha-ha!

Martabak keju Oyon. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Wah, baru mulai menulis dua paragraf di atas saja perut tiba-tiba bergejolak teringat martabak keju terakhir yang saya makan beberapa waktu lalu. Martabak Oyon, namanya. Kedainya berada di Jalan Jatiraya 2 Nomor 8, Banyumanik, Semarang.

Seperti biasa, menjelang malam perut gemar sekali minta makan lagi. Saya dan kedua teman pun bergegas menuju kedai Martabak Oyon yang direkomendasikan banyak orang.

Pegawai sedang membuat martabak oyon. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Sesampainya di sana, kami disajikan martabak keju dengan topping adonan red velvet. Tampilannya sangat menggugah, warna merah dipadu dengan tumpukan keju parut yang cukup tebal berwarna putih gading. Nyam!

Kami langsung menikmatiknya di sana. Yap, karena kedai Marabak Oyon didesain untuk tempat nongkrong yang nyaman, kami tertarik makan di sana.

Martabak keju Oyon. (Inibaru.id/ Verawati Meidiana)

Pada gigitan pertama, saya menemukan sensasi lain di martabak ini. Teksturnya berbeda. Biasanya, si terang bulan ini punya serat-serat halus mirip bika ambon, tapi tekstur martabak keju Oyon malah lembut hampir menyerupai kue bolu namun sedikit padat. Tekstur ini bikin roti dan kejunya leleh jadi satu saat dikunyah.

Kata pemiliknya, Aji, adonan martabak Oyon memang sengaja dimodifikasi menyerupai kue bolu. Itulah sebabnya, martabak di sana cenderung nggak kenyal.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba sensasi beda saat makan martabak, datang ke sana mungkin bisa jadi pilihannya. Saya sih suka tekstur yang seperti ini, terutama jika wismannya ditambah biar martabaknya lebih basah. He-he! (Verawati Meidiana/E05)

Martabak Oyon Semarang

Alamat                 : Jalan Jatiraya 2 Nomor 8, Pedalangan, Banyumanik, Semarang. 

Jam buka             : 14.00 - 02.00 WIB 

Harga menu         : Rp 15.000 s.d. Rp 78.000