Tak Hanya Cantik Dipandang, Bunga Juga Cocok Jadi Bahan Makanan dan Minuman

Tak Hanya Cantik Dipandang, Bunga Juga Cocok Jadi Bahan Makanan dan Minuman
Aneka masakan dengan garnis dan balutan bunga. (Flowerchildcafe)

Bunga menjadi bagian terindah dari tanaman yang selalu sedap dipandang. Namun, bunga-bunga tertentu juga bisa dimakan dan menjadi penggugah rasa. Hm, apa saja fungsinya?

Inibaru.id – Tak hanya tampak cantik dipandang mata dan tercium wangi saat dibaui, sejumlah bunga juga enak dirasai. Bunga memang memberi sensasi rasa yang unik, sehingga sejumlah negara menjadikan mahkota tanaman itu sebagai campuran makanan.

Bunga yang berasal dari tanaman rempah, buah-buahan, dan sayuran, umumnya diolah dengan digoreng, dikristalisasi, atau dicincang segar. Bunga tersebut kebanyakan dipilih lantaran memiliki aroma dan rasa yang yang khas, mulai dari sensasi pahit, manis, hingga asam.

Tak sekadar mempercantik, bunga juga menjadi bagian dari masakan yang menggugah selera. (Crownmediadev)

Begitu banyak bunga yang dijadikan sebagai bahan makanan. Namun, kira-kira, untuk apa saja ya fungsi bunga itu?

Memberi Aroma

Teh krisan yang memiliki aroma begitu khas. (Lovepik)

Seperti di Indonesia, melati menjadi bagian penting dalam campuran pembuatan teh di Tiongkok dan Jepang. Selain melati, bunga krisan juga acap dipakai. Tentu saja fungsi dari bunga-bunga tersebut adalah untuk memberi aroma wangi yang khas.

Setali tiga uang, kelopak mawar pun digunakan untuk campuran teh di Afrika Utara dan India. Tak hanya teh, masyarakat di sana juga kerap mencampurkan mawar dalam makanan penutup dan campuran rempah-rempah.

Memberi Tekstur

Spring Salad dengan campuran bunga-bunga yang cantik. (Theviewfromgreatisland)

Kalau kamu penggemar masakan mediterania, kamu mungkin nggak asing dengan potongan mawar, marigold, atau kelopak bunga teratai dalam mangkuk saladmu. Kamu juga bisa jadi menemukan kuncup teratai kering dalam tumisan dan sup.

Bukan sekadar memberi aroma, bunga-bunga itu ditambahkan juga untuk memberi tekstur pada makanan. Maka, jangan heran kalau suatu saat kamu menemukan ada bunga dalam saus salad, sayuran, kari, semur, sup, pudding, bahkan permen.

Mempercantik Tampilan

Warna mencolok pada nasturtium membuat makanan tampak menarik. (Gardeningknowhow)

Nasturtium yang berwarna oranye atau kuning juga menambah daya tarik visual untuk sejumlah makanan seperti salad dan sandwich. Kelopak mawar dan berbagai bunga mencolok lain juga sering dijadikan garnis makanan.

Bunga kantan (mioga bud) juga dipakai untuk menghiasi makanan serta memberikan peningkatan visual. Namun, bukan cuma garnis, bunga itu juga bisa dimakan.

Memberi Rasa

Olahan daging dengan tambahan mawar sebagai penyedap. (Saveur)

Bunga teratai tua yang memiliki aroma muscatel dan digunakan di Inggris untuk membumbui anggur, buah yang direbus, selai, jeli, dan sirup. Sementara, mawar yang memiliki aroma wangi dan manis adalah penyedap yang populer dijual di berbagai negara dalam bentuk kelopak kering atau air sulingan.

Memberi Warna

Nasi kerabu khas Malaysia dan sebagian Thailand berwarna biru dari kembang telang. (Twitter/MamandaKL)

Masyarakat Eropa dan Meksiko mewarnai nasi, salad, dan hidangan manis dengan marigold dan violet. Marigold ditumbuk untuk menghasilkan warna kemerahan. Adapun violet, seperti namanya, memberi warna ungu sebagaimana bunga telang memberi warna biru.

(Baca Juga: Dengan Empat Bunga Ini, Hidangan Lezat Tersaji di Meja)

Wah, selain dikagumi karena keindahannya, ternyata bunga punya banyak kegunaan untuk makanan, ya, Millens! (IB20/E03)