Kebumen juga Produsen Telur Asin

Telur asin identik dengan Kabupaten Brebes sebagai sentra penghasilnya di Jawa Tengah. Tapi kini ada kabupaten lain di provinsi sama yang juga menjadi penghasil telur asin lo, yaitu Kebumen. Apa ya bedanya?

Kebumen juga Produsen Telur Asin
Telur Asin (gulalives.co)

Inibaru.id- Kalau mendengar kata telur asin, kita mungkin banget langsung teringat pada Kabupaten Brebes. Benar kan, Millens?

Yap, selama ini kita mengenal bahwa Kabupaten Brebes adalah sentra penghasil telur asin di Jawa Tengah. Tapi tahukah Millens bahwa sekarang ada kabupaten lain di Jawa Tengah yang juga menjadi produsen telur asin.

Ya, telur asin juga diproduksi di Kabupaten Kebumen, tepatnya di Kecamatan Prembun. Banyak peternak bebek di sana menjadikan produksi telur bebek melimpah. Daripada hanya dijual mentahan, lebih baik jika diolah menjadi makanan yang nilai jualnya lebih tinggi. Itulah yang mendasari masyarakat Prembun mengolah telur bebek menjadi telur asin dan memasarkannya ke masyarakat luas.

Lalu apa ya bedanya dengan telur asin hasil produksi Brebes?

Dilansir dari laman kompasiana.com, perbedaan antara telur asin Kebumen dengan telur asin Brebes ada pada proses pembuatannya. Proses pengasinan telur di Brebes dilakukan dengan cara merendam telur bebek dalam larutan garam dan abu gosok. Sedangkan di Kebumen, proses pengasinannya menggunakan pecahan batu bata yang sudah dihaluskan sehingga teksturnya menyerupai pasir. Adonan batu bata itu kemudian dicampur dengan garam dan bumbu lainnya untuk merendam telur bebek selama beberapa minggu.

Proses pengolahan telur asin Kebumen benar-benar masih serbatradisional lo. Selain proses pengasinan tadi, proses pemilihan dan pembersihan telur bebek untuk menjadi telur asin dilakukan secara manual oleh pembuatnya. Jadi, telur bebek yang akan diolah benar-benar terseleksi secara detail berdasarkan kualitasnya. Itu berbeda dengan proses pemilihan dengan menggunakan mesin seperti yang dilakukan di beberapa pabrik telur asin.

Dengan proses pengolahan yang tradisional namun berkualitas, rasa telur asin Kebumen nggak perlu diragukan deh. Teksturnya masir dan rasa asinnya pas sehingga nggak bikin kamu enek saat memakannya. Apalagi jika dijadikan lauk pendamping nasi untuk makan. Wah, bakal bikin ketagihan deh!

Millens perlu tahu juga nih, telur bebek mengandung protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh kita. Hm, sudah enak, bergizi pula.

Tertarik mencoba? Kamu bisa beli telur asin Kebumen di toko oleh-oleh sekitar Prembun lo. Kalau sedang berkunjung ke Kebumen, jangan lupa mencoba ya! (MAY/SA)