Tahu Susu, Olahan Susu Khas Boyolali

Tahu Susu, Olahan Susu Khas Boyolali
Tahu susu. (Tribunnews)

Boyolali memang terkenal dengan kota penghasil susu sapi. Nggak heran kalau banyak olahan susu sapi yang diproduksi di sana termasuk penganan unik tahu susu satu ini.

Inibaru.id – Belakangan, nama Boyolali semakin terkenal lantaran kalimat "tampang Boyolali" yang diucapkan salah seorang kandidat calon presiden RI. Terlepas dari itu, Boyolali rupanya memiliki potensi wisata alam dan kuliner yang menarik, lo. Salah satu kuliner unik khas Kota Susu itu adalah tahu susu, Millens.

Boyolali merupakan kota yang terkenal dengan ternak sapi perahnya. Hal itu membuat tingkat produktivitas susu sapi segar di Boyolali cukup tinggi. Nggak heran kalau beberapa makanan khas Boyolali dibuat dari susu, seperti tahu susu yang memang berbahan dasar perahan susu sapi murni.

Tahu susu merupakan tahu yang terbuat dari susu. Namun, bukan sembarang susu yang dipakai untuk membuat tahu susu. Dilansir Pegimakan.id, bahan pokok yang digunakan adalah susu sapi pertama yang baru melahirkan.

Sapi yang baru saja melahirkan umumnya mengeluarkan susu yang nggak laku dijual karena warnanya yang menguning dan berbau amis. Akan tetapi, kandungan gizi yang terdapat dalam susu tersebut sangatlah tinggi. Supaya nggak sia-sia terbuang, masyarakat di sana kemudian mengolahnya kembali menjadi cemilan bergizi yang lezat.

Perpaduan tahu dan susu menyajikan cita rasa gurih yang enak dan aroma susu yang kental. Struktur tahu susu juga lebih lembut dibanding dengan tahu kedelai biasa. Tahu susu khas Boyolali pun dijamin kesehatannya karena nggak ada campuran senyawa lain dalam proses pembuatannya. Selain itu, tahu susu juga dikenal bisa menjadi obat untuk para penderita gangguan hipertensi, lo.

Sayang, keberadaan tahu susu begitu langka di supermarket. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh yang ada di Boyolali atau membelinya secara daring. Secara umum, tahu susu dijual seharga Rp 5 ribu per bungkus.

Bila nggak mau beli, kamu bisa membuat sendiri di rumah, kok. Cara pembuatan tahu susu ini nggak terlalu sulit. Kamu cukup mencampur susu yang sudah diperas dengan bumbu tradisional seperti bawang putih, ketumbar, dan garam yang sudah dihaluskan. Campurkan keduanya dan aduk hingga merata.

Bila sudah rata, tuangkan adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Usai dikukus, susu tersebut akan berbentuk seperti tahu pada umumnya. Nah, selanjutnya, potonglah tahu susu sesuai selera. Setelah itu, goreng tahu susu sebelum dimakan.

Oh iya, kuliner tahu susu paling enak bila disajikan dan disantap saat masih hangat. Lebih mantap kalau kamu memakannya sambil ditemani secangkir kopi atau susu. Hm, maknyus deh! (IB07/E04)