Tahu Gimbal Pak Edi, Makanan Khas Semarang yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Tahu Gimbal Pak Edi, Makanan Khas Semarang yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan
Tahu gimbal Pak Edi. (Inibaru.id/ Audrian F)

Tahu gimbal merupakan makanan khas Kota Semarang yang melegenda. Bakal ada yang kurang kalau kamu nggak mencicipinya ketika bertandang ke Semarang. Salah satu kedai tahu gimbal yang perlu kamu sambangi adalah tahu gimbal Pak Edi.

Inibaru.id - Di Semarang, tahu gimbal sangat umum kamu temui. Memang, tahu gimbal ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Semarang. Nah, jika kamu ingin mencoba tahu gimbal yang maknyus di Semarang, Inibaru.id menyarankan di "Tahu Gimbal Pak Edi" yang terdapat di kawasan kuliner Taman Indonesia Kaya (TIK).

FYI, ada beberapa lapak tahu gimbal yang berjualan di kawasan itu dan menggunakan nama Pak Edi. Tapi konon yang paling laris dan legend ya Tahu Gimbal Pak Edi (tanpa embel-embel lainnya).

Sudah hampir dua dekade Tahu Gimbal Pak Edi eksis. Sekarang menetap di TIK. Tahu gimbal terdiri dari beberapa racikan yang terdiri dari tahu, lontong, sayur kol, bakwan udang, telur ceplok kemudian disiram dengan sambal kacang yang dicampur dengan kuah dari campuran rempah-rempah untuk penyedap. Yummy!

Edi, saat menyajikan tahu gimbal untuk pelanggannya. (Inibaru.id/ Audrian F)

Semua bahan yang dicampurkan menjadikan tahu gimbal sungguh lezat. Di tahu gimbal Pak Edi, resep racikan bumbu sudah turun temurun. Jadi, pasti beda dengan yang tahu gimbal di tempat lain. Buat saya, rasa tahu gimbal di sini pas. Nggak terlalu manis. Kalau kamu suka manis, tinggal tambahkan kecap. Oya, tekstur lontongnya juga lembut banget, lo. Satu porsi sudah bisa bikin kenyang.

Edi, generasi kedua pemilik “Tahu Gimbal Pak Edi” menuturkan kalau tiap harinya dia bisa menjual sampai 200 porsi.

“Bisa sampai 200 porsi per hari. Kalau lebaran bisa lebih karena banyak wisatawan,” jelas Edi pada Kamis (18/7) malam.

Lantaran lezat, banyak orang luar Semarang yang jadi langganan. Bagio misalnya. Dia merupakan warga Pekalongan yang kebetulan akan melawat ke rumah saudaranya yang ada di Surabaya. Dalam perjalanan dia menyempatkan mampir ke tahu gimbal ini.

“Pasti itu. Kalau saya akan ke Surabaya pasti menyempatkan makan di tahu gimbal ini. Keluarga saya suka’” kata Bagio. “Kami sempat khawatir akan pindah tempat karena Taman ini (Taman Indonesia Kaya) dibangun. Tapi untungnya pindahnya nggak jauh-jauh,” tandasnya.

Harga yang dipatok buat tahu gimbal di kawasan Taman Indonesia Kaya ini berkisar sampai Rp 17 ribu. Kalau pada hari-hari besar seperti lebaran, misalnya, gerai ini tetap buka. Namun harganya tentu beda daripada hari biasa. Nggak pernah ada hari libur. Setiap hari tetap buka dari pukul 17.00 sampai 23.00.

Kamu wajib cobain tahu gimbal khas Semarang ini, Millens. Kalau sudah ya coba lagi. Haha. (Audrian F/E05)