Supaya Tahan Lama, Simpan Telurmu dengan 5 Tips Ini

Supaya Tahan Lama, Simpan Telurmu dengan 5 Tips Ini
Peternak ayam sedang memanen telur yang siap didistribusikan ke masyarakat (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Telur termasuk dalam sembako dengan harga yang terjangkau. Kita pun sering membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya, pastikan untuk melakukan tips ini agar telur nggak mudah basi, ya?

Inibaru.id - Telur dikenal sebagai bahan makanan yang tinggi protein. Cara pengolahannya pun mudah dan bisa dikreasikan menjadi makanan-makanan lezat. Nggak heran kalau banyak orang yang menyimpan stok telur di rumah.

Meskipun telur mempunyai daya tahan yang lebih baik dibanding jenis makanan lain, kamu harus tetap memerhatikan cara penyimpanannya. Jika keliru, telur bisa saja membusuk dan akhirnya terbuang percuma.

Supaya stok telurmu tetap awet dalam jangka waktu yang lama, simak tips menyimpan telur berikut ini yuk!

1. Cuci Telur Sebelum Disimpan

Cuci bersih telurmu! (Sutterstock)
Cuci bersih telurmu! (Sutterstock)

Kebersihan telur adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum menyimpannya. Pastikan telur bersih dari kotoran yang menempel pada cangkang. Jika tidak dicuci, bisa jadi bakteri pada kotoran ini akan mengontaminasi isi telur dan membuatnya membusuk. Maka dari itu, cucilah telur dengan air mengalir sebelum disimpan.

2. Simpan di Dalam Kulkas

Pastikan suhunya di bawah 7° C! (Shutterstock)
Pastikan suhunya di bawah 7° C! (Shutterstock)

Menurut Dr. Rosamund Baird dan Dr. Jane, ilmuwan Kedokteran Hewan asal Universitas Bristol, bakteri salmonella adalah bakteri yang mudah mengontaminasi telur. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyimpan telur dalam ruangan bersuhu dingin. Hal ini disebabkan oleh kemampuan suhu dingin dalam menghambat perkembangan bakteri.

BPOM Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) mewajibkan semua telur disimpan di bawah suhu 45° F (7° C) setelah dicuci. FDA juga menyebut telur yang disimpan di dalam kulkas dengan suhu rendah bisa bertahan hingga 5 pekan!

3. Simpan dalam Freezer

Disimpan di freezer juga bisa! (Food-hack.wonderhowto)
Disimpan di freezer juga bisa! (Food-hack.wonderhowto)

Kamu mau telurmu awet hingga satu tahun? Kamu bisa menyimpannya di freezer dengan suhu di bawah 0° F (-18° C). Namun, telur yang disimpan di dalam freezer adalah telur tanpa cangkang ya. Jadi, kamu harus memecahkannya terlebih dahulu. Pisahkan kuning dan putih telur di wadah yang berbeda. Selain itu, pastikan untuk menutupnya dengan rapat agar nggak mudah terkontaminasi.

4. Hindari Meletakkan Telur di Area Pintu Kulkas

Sebaiknya dihindari meletakkan telur di pintu kulkas. (Shutterstock)
Sebaiknya dihindari meletakkan telur di pintu kulkas. (Shutterstock)

Agar telurmu tahan lama, sebaiknya jangan menyimpannya di rak pintu kulkas. Mengapa? Karena guncangan saat membuka dan menutup pintu kulkas dapat menimbulkan kerusakan pada isi telur.

Nggak hanya itu, suhu di sekitar pintu kulkas juga mudah berubah karena sering dibuka-tutup. Ini membuat umur telur nggak stabil lagi.

5. Simpan di Suhu Ruang

Cara tersimpel, asal jangan lupa dicuci dulu ya! (Unsplash/ Louis Hansel)
Cara tersimpel, asal jangan lupa dicuci dulu ya! (Unsplash/ Louis Hansel)

Buat kamu yang tinggal di rumah atau kos tanpa kulkas, nggak perlu khawatir telurmu akan mudah membusuk. Ternyata, di suhu ruang, telur bisa bertahan selama 1-2 minggu kok.

O ya, kamu bisa menyimpannya menggunakan rak khusus atau kardus telur. Jangan lupa pisahkan telur dengan bahan makanan yang lain ya, Millens! Biar nggak terkontaminasi. (Kum/MG27/E07)