Supaya Tahan Lama, Simpan Daging Kurbanmu dengan Cara-Cara Ini

Supaya Tahan Lama, Simpan Daging Kurbanmu dengan Cara-Cara Ini
Daging (Farmerfreshmeat.com)

Daging bisa awet hingga berbulan-bulan jika kamu menyimpannya dengan cara yang benar. Seperti apa caranya?

Inibaru.id – Melimpahnya daging pada Hari Iduladha membuat sebagian besar orang, khususnya umat muslim, mengolahnya menjadi berbagai masakan. Namun, dengan melimpahnya persediaan daging kurban, nggak sedikit orang yang berusaha menyimpannya untuk diolah di lain hari.

Menyimpan daging bukanlah perkara mudah, karena daging rentan rusak. Nah, supaya daging kurban bisa awet dan tahan lama, kamu perlu menerapkan cara-cara berikut ini saat menyimpannya, Millens. Apa saja?

  1. Jangan Mencuci Daging

http://www.rizosmeat.gr/wp-content/uploads/2015/09/meat.jpg

Daging segar. (rizosmeat.gr)

Kesalahan yang sering terjadi saat hendak menyimpan daging adalah mencucinya. Bukannya bersih, cara tersebut justru membuat kuman, bakteri, virus, dan jamur menempel di pori-pori daging, yang kemudian akan merusak daging tersebut. Jadi, cuci bersih daging saat kamu akan memasaknya saja, ya.

  1. Simpan Daging dalam Wadah Kedap Udara

https://d3awvtnmmsvyot.cloudfront.net/api/file/MD4P17eDTWWccibARpX3/convert?fit=max&w=1150&quality=60&cache=true&rotate=exif&compress=true

Kantung plastik bisa menjaga kesegaran daging. (Chefsteps.com)

Wadah yang kedap udara nggak akan menjadi tempat hidup yang nyaman bagi bakteri. Karena itu, penting untuk memiliki "senjata" satu ini di dapurmu. Menyimpannya dalam wadah yang kedap udara juga membuat dagingmu lebih segar dalam waktu yang lama.

Yang perlu diingat, saat menyimpannya, jangan lupa mencantumkan tanggal penyimpanan. Kendati daging bisa bertahan cukup lama dalam wadah kedap udara, daging juga tetap nggak bakal nggak layak kamu konsumi kalau kelamaan. 

  1. Simpan Dalam Freezer

https://img.wonderhowto.com/img/91/08/63592110737433/0/store-meat-avoid-freezer-burn.w1456.jpg

Jangan lupa atur suhu freezer ya! (wonderhowto.com)

Setelah menyimpannya dalam wadah yang kedap udara, masukkan daging ke dalam freezer. Jangan lupa atur suhunya dengan tepat, yakni minus 17 derajat Celsius. Dalam suhu tersebut, daging sapi biasanya memiliki ketahanan hingga empat bulan.

  1. Jangan Campur Daging yang Berbeda Jenis

http://hhp-blog.s3.amazonaws.com/2014/06/Protein.jpg

Beda daging, beda wadah. (Harvard.edu)

Yang nggak kalah penting saat menyimpan daging adalah jangan mencampur jenis daging yang berbeda dalam 1 wadah. Jika kamu melakukan ini, dagingmu akan rusak dan mengeluarkan aroma nggak sedap. Jadi, jangan lupa menyiapkan wadah yang berbeda ya, Millens.

Kalau cara-cara tersebut kamu terapkan, kamu akan bebas dari kekhawatiran apakah daging layak dikonsumsi setelah berhari-hari disimpan. Yang perlu diingat, pastikan juga saat mengolahnya nanti kamu tetap memperhatikan kebersihan. Percuma masak enak kalau penyimpanan dan pengolahannya nggak bersih. Iya, kan? (IB15/E03)