Supaya Masakanmu Cantik, Ketahui Dulu Cara Plating yang Ciamik

Supaya Masakanmu Cantik, Ketahui Dulu Cara <em>Plating</em> yang Ciamik
Plating membuat makanan tampak indah. (Rosseto)

Bercita-cita jadi koki? Hm, sebelum masuk ke sekolah kuliner, nggak ada salahnya belajar dulu sedikit hal tentang Plating alias seni menata makanan. Lewat seni ini, kamu bakal tahu bagaimana menciptakan tampilan makanan yang menarik tanpa pula mengabaikan rasa.

Inibaru.id – Kamu yang hobi masak pasti nggak melewatkan sesi menata makanan di atas piring. Yap, dalam dunia kuliner, ini dikenal dengan istilah food plating.

Menata makanan menjadi hal yang menyenangkan karena di sini kamu bebas mengkreasikan imajinasimu. Dengan kreativitas pula, plating membuat makanan yang sederhana bisa tampak makin menggiurkan.

Kalau kamu sedang belajar bagaimana membuat plating yang cantik, beberapa tips berikut ini mungkin bakal membantumu. Sudah siap menyimak?

Wadah

https://i.pinimg.com/originals/4e/84/1b/4e841b4a8d9f5af23c2d1de7103a8f00.jpg

Piring putih kerap dipilih lantaran dianggap mampu menonjolkan makanan. (pinimg.com)

Hal mendasar pertama yang perlu kamu perhatikan dalam plating adalah wadah. Menurut Chef The Cannibal Bistro & Bar Semarang, Valentino Vebri, piring berwarna putih kerap digunakan lantaran warna ini menonjolkan makanan.

Namun, hal ini nggak berlaku kalau elemen makanan yang digunakan juga berwarna putih. Jadi, penyesuaian tentu perlu dilakukan.

Selain warna, pertimbangkan pula ukuran piring. Jangan memilih piring yang terlalu besar karena akan meninggalkan banyak ruang kosong. Jangan pula memilih piring yang terlalu kecil karena ruang untuk bereksplorasi jadi kurang.

Kontras

http://www.gourmetestorie.com/wp-content/uploads/2012/06/IMG_1180.jpg

Pilih bahan makanan yang kontras ya! (gourmetestorie.com)

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dalam plating adalah kekontrasan. Masih menurut Valen, daya tarik visual akan lebih mudah diciptakan jika bentuk dan warna makananmu kontras. Ini juga membuat keindahan makanan tampak seimbang.

“Kalau bebek goreng ditaruh di piring kayu itu jadinya kurang variatif. Cokelat ketemu cokelat bikin keindahannya kurang menonjol. Makanya sebaiknya pilih warna yang kontras tapi seimbang,” ujar Valen.

Tekstur

https://images.fastcompany.net/image/upload/w_1280,f_auto,q_auto,fl_lossy/wp-cms/uploads/2015/08/3050217-poster-p-1-how-to-plate-food-like-a-michelin-chef_0.jpg

Tekstur yang terlihat bikin tampilannya menggiurkan, kan? (fastcompany.net)

Saat memasak, pertimbangkan pula apakah bumbu tertentu bisa membuat tekstur makanan tetap terlihat. Tekstur makanan bisa membantu menciptakan visualisasi yang menarik, lo. Misal, nih, tekstur daging yang diolah menjadi steik akan makin menggiurkan lantaran ditambahkan bubuk lada hitam.

Hiasan

https://www.cntravellerme.com/sites/default/files/styles/1920px_900px_wide_landscape/public/images/2016/08/24/Casterbridge_steak_tartare__pickled_vegetables___grain_mustard_mayonnaise3.jpg?itok=e_7LTn0U&c=37ad3d293c50a483b2f7e37e4940c5b8

Pastikan hiasannya bisa dimakan ya! (cntravellerme.com)

Hiasan menjadi salah satu penunjang plating. Tapi ingat, pastikan hiasan yang kamu gunakan bisa dikonsumsi, ya!

Tinggi dan Jumlah

http://www.bespokeyachtcharter.com/wp-content/uploads/2015/10/Flaveur-Restaurant-Nice-France.jpg

Jumlah yang ganjil mempengaruhi penampilan makananmu, lo. (bespokeyachtcharter.com)

Tinggi serta jumlah makanan mempengaruhi penampilannya, lo. Dalam plating, pastikan jumlah makanan ganjil. Kalau kamu mengatur makanan dalam jumlah genap, ini nggak jarang bikin bentuknya simetris dan bikin piring kelihatan penuh.

Gimana, sudah siap memasak? Kalau sudah memasak, boleh dong sesekali tips-tips plating ini diterapkan. (IB15/E03)