Supaya Awet Muda, Batasi Konsumsi 7 Makanan Ini, ya!

Supaya Awet Muda, Batasi Konsumsi 7 Makanan Ini, ya!
Sering mengonsumsi junk food bikin kamu cepat menua, lo. (Daily Mail)

Awet muda adalah impian banyak orang. Nah, mengontrol asupan makanan adalah salah satu cara untuk menjalani gaya hidup sehat. Makanan apa saja yang harus dibatasi?

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, penuaan adalah hal yang menakutkan. Untuk menghambat proses penuaan, sebagian orang kemudian memilih menjalani gaya hidup sehat. Nggak hanya dengan olahraga teratur, makanan dan minuman yang dikonsumsi pun harus diperhatikan.

Kalau pengin awet muda, mulai sekarang sebaiknya batasi dirimu mengonsumsi tujuh makanan ini, ya!

1. Gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko penuaan dini hingga diabetes. (The Great Course Daily)<br>
Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko penuaan dini hingga diabetes. (The Great Course Daily)

Makanan manis mengandung gula memang menggiurkan, tapi kamu sebaiknya tetap mengontrol porsinya. Gula mengandung sukrosa dan dalam satu sendok gula, terkandung 50 kalori.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, gula dapat merusak kolagen dan elastin. Elastin berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang, sedangkan kolagen berfungsi untuk mengurangi selulit, mengencangkan kulit, hingga mencegah penuaan.

Jadi, jangan konsumsi gula lebih dari empat sendok per hari, ya!

2. Gorengan

Radikal bebas dalam gorengan bikin kadar kolesterol dalam tubuh naik. (Health Castle)<br>
Radikal bebas dalam gorengan bikin kadar kolesterol dalam tubuh naik. (Health Castle)

Siapa yang nggak tergiur dengan makanan ini? Rasanya yang gurih membuat orang nggak bisa berhenti memakannya. Eits, tapi, perlu kamu tahu, satu gorengan rata-rata mengandung 140 kalori.

Hm, memang enak, sih, makan gorengan. Namun, ada dibalik kenikmatan itu, ada radikal bebas yang terkandung dalam minyak goreng rupanya bisa bikin kamu menua lebih cepat, lo!

3. Garam

Garam menahan air dalam tubuh dan menghambat dietmu. (Food Navigator)<br>
Garam menahan air dalam tubuh dan menghambat dietmu. (Food Navigator)

Selain gula, garam bisa mempercepat penuaan jika dikonsumsi secara berlebihan. Garam yang dikonsumsi sesuai takaran yang tepat memang bagus. Namun, berkebalikan kalau berlebihan.

Kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium dalam garam akan membantu tubuh menjaga gula darah hingga mengurangi kram. Tapi, kalau dikonsumsi secara berlebihan, garam bikin tubuh mengalami penuaan lebih cepat karena menahan air. Dalam sehari, gunakan bahan ini nggak lebih dari satu sendok teh saja, ya!

4. Minuman Penambah Energi

Minuman penambah energi bikin ketagihan dan membuat proses penuaan berjalan lebih cepat. (Health Castle)<br>
Minuman penambah energi bikin ketagihan dan membuat proses penuaan berjalan lebih cepat. (Health Castle)

Beberapa pekerjaan memang menguras waktu dan tenaga. Nggak jarang, sebagian orang kemudian menggunakan minuman energi untuk membantu diri mereka tetap konsentrasi. Sayang, ada efek lain jika minuman ini terus dikonsumsi.

Nggak hanya mempercepat penuaan, minuman ini juga membuat detak jantung berdegup cepat, sulit bernapas, diare, hingga terkena diabetes.

5. Daging Olahan

Produk daging olahan seperti nugget mengandung pengawet. (Freepik)<br>
Produk daging olahan seperti nugget mengandung pengawet. (Freepik)

Sosis, daging asap, daging cepat saji, dan produk daging olahan lainnya adalah makanan berikutnya yang bikin keinginanmu tampak awet muda pupus. Yap, makanan-makanan tersebut mengandung pengawet dengan kadar yang tinggi.

Seperti gorengan, produk daging olahan juga akan memicu radikal bebas hingga merusak organ tubuh. Ngeri, kan?

6. Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Margarin dan butter mengandung lemak trans. (Life Hacker)<br>
Margarin dan butter mengandung lemak trans. (Life Hacker)

Kue kering memang enak disantap. Namun, makanan itu juga mengandung lemak trans karena menggunakan margarin sebagai salah satu bahannya.

Mengonsumsi lemak trans secara berlebihan bisa bikin kadar kolesterol meningkat. Selain itu, lemak trans juga bikin kulit mengendur lebih cepat.

7. Makanan yang Dipanaskan

Makanan yang dipanaskan seperti pizza mengandung natrium lebih tinggi yang menurunkan kualitas kulit. (Bigger Bolder Baking)<br>
Makanan yang dipanaskan seperti pizza mengandung natrium lebih tinggi yang menurunkan kualitas kulit. (Bigger Bolder Baking)

Terkadang, sebagian orang merasa malas memasak dan memilih menggunakan microwave untuk memanaskan makanan beku. Meski bisa mengatasi rasa kenyang, jangan sering-sering melakukannya, ya.

Makanan beku yang dipanaskan ternyata mengandung natrium berlebih, lo. Mengonsumsi makanan tersebut secara rutin tentu akan akan berpengaruh pula pada proses penuaan dalam tubuhmu.

Dengan rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, penampilan yang segar dan awet muda bakal bisa kamu dapatkan, kok! Kuncinya, jangan malas olahraga dan memperhatikan semua yang akan kamu konsumsi.

Makanan-makanan yang harus dibatasi agar awet muda itu masih bisa kamu konsumsi, kok, asalkan cuma sesekali. Sudah siap menjalani gaya hidup yang sehat, Millens? (IB15/E03)