Sup Krim Brokoli, Sajian Sahur Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan

Butuh sajian hangat menyehatkan untuk menu bersantap sahur? Yuk, coba bikin sup krim brokoli saja. Hangat di lidah, mengenyangkan, dan rasanya juga lezat!

Sup Krim Brokoli, Sajian Sahur Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan
Sup Krim Brokoli (selerasa.com)

Inibaru.id - Menjalankan ibadah puasa Ramadan, Sobat Millens membutuhkan makanan bersantap sahur yang tepat. Ini penting biar makanan yang kamu konsumsi menjadi energi selama seharian kamu berpuasa. Jadi, nggak sekadar kenyang, makananmu juga kudu menyehatkan agar kebutuhan gizimu terpenuhi.

Salah satu makanan yang bisa kamu jadikan menu sahur adalah Sup Krim Brokoli. Hmm! Brokoli adalah sayuran hijau dengan pelbagai khasiat bagi kesehatan. 

Melansir selerasa.com, brokoli mengandung senyawa antikanker yang dapat mengusir bakteri dari dalam tubuh, juga menjaga kesehatan jantung karena mengandung karoteboid lutein yang dapat memperlambat dan mencegah terjadinya gangguan arteri dalam tubuh.

Sup Krim Brokoli. (scm-assets.constant.co)

Brokoli juga tinggi beta-karoten yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayuran "kribo" ini juga penangkal radikal bebas yang baik. Wih, manfaatnya banyak sekali bukan?

Jadi, sup krim brokoli bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk bersantap sahur. Selain menyehatkan rasanya juga enak, lo. Brokoli yang penuh gizi berpadu dengan susu dan krim, menjadikan sup memiliki rasa gurih dengan sensasi creamy. Apalagi dinikmati selagi hangat, makin terasa yummy tentunya.

Brokoli. (Daunbuah.com)

Membuat sup krim brokoli nggak sesulit yang kamu bayangkan kok. Seperti ditulis orami.co.id (7/3/2018), berikut ini adalah resep membuat sup krim brokoli untuk 4 porsi:

Bahan:

  • 250 gram brokoli, lepaskan kuntumnya
  • 1 sdm mentega
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 20 gram bawang bombai, cincang
  • 250 ml susu segar
  • 250 ml kaldu
  • 2 sdm krim segar
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt garam

Bahan pelengkap:

Daging asap, potong kasar, tumis

Cara membuat:

  1. Kukus brokoli selama sekitar 5 menit. Angkat.
  2. Rendam brokoli dalam air es hingga dingin. Tiriskan dan simpan dalam wadah kedap udara.
  3. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga layu.
  4. Masukkan brokoli, tumis sebentar dengan api kecil. Angkat.
  5. Masukkan tumisan dan susu ke dalam blender, proses hingga lembut dan merata.
  6. Tuangkan ke dalam panci dan tambahkan kaldu, krim segar, merica, garam, pala dan daun salam. Didihkan dan aduk rata.
  7. Angkat dan sajikan dengan pelengkapnya.

Oya, sebelum dimasak sebaiknya brokoli yang sudah dipotong-potong didiamkan dulu beberapa menit agar zat-zat bermanfaat yang terkandung di dalamnya meningkat. Kemudian , supaya rasanya lebih gurih, kamu juga bisa menambahkan keju parut.

Terus, kamu juga bisa menambahkan potongan brokoli matang, tumisan sosis, bakso, atau suwiran ayam sebagai topping agar tekstur sup nggak membosankan.

Gimana, mudah, bukan? (IB05/E03)