Ke Semarang? Sudah Benar Kalau Kamu Jajan Lunpia di Empat Tempat Ini

Ke Semarang? Sudah Benar Kalau Kamu Jajan Lunpia di Empat Tempat Ini
Lunpia Gang Lombok. (wikimedia.org)

Nggak susah menemukan penjual lunpia enak di Semarang. Namun, kalau kamu pengin lunpia yang dibuat langsung dari keturunan "pencipta"-nya, di sinilah tempat-tempatnya.

Inibaru.id - Makan-makan di Semarang, pastinya kamu nggak bakal melewatkan lezatnya lunpia. Di Kota ATLAS, panganan satu ini jamak dijual. Tapi, tentunya ada beberapa tempat yang terkenal akan rasa lunpia yang jos lantaran dibuat langsung oleh keturunan "pencipta"-nya.

Mulanya, lunpia yang merupakan makanan asal Tiongkok ini masuk ke Semarang berkat jasa sepasang suami istri, Tjoa Thay Yoe dan Wasih sekitar 1870. Meski sudah lama banget, resep lunpia dari mereka masih bisa kamu rasai karena generasi-generasi selanjutnya terus menjalankan usaha pembuatan lunpia.

Berikut adalah tempat-tempat yang menjual lunpia enak di Semarang yang baiknya kamu sambangi. Meski sama-sama keturunan dari Tjoa Thay Yoe dan Wasih, masing-masing mempunyai karakter rasa yang berbeda.

Lunpia Semarang di Gang Lombok

Lunpia Gang Lombok. (Poskotanews.com)

Resep lunpia di sini diturunkan oleh genarasi kedua Tjoa Thay Yoe yang bernama Siem Gwan Sing. Lunpia di sini masih memegang bahan baku dan pakem dari leluhur mereka, sehingga racikan rebung nggak berbau serta campuran telur dan udang nggak amis. Jika kamu penasaran, datang saja ke Gang Lombok 11, Purwodinatan, Pecinan, Semarang.

Lunpia Pemuda

Lunpia Mbak Lien. (Goodindonesianfood.com)

Saudara kandung dari pemilik Lunpia Gang Lombok mendirikan kios di Jalan Pemuda. Sedikit berbeda, lunpia di sini memiliki karakter tersendiri sebab menggunakan campuran daging ayam kampung dan udang.

Karena usaha tersebut sekarang dipegang oleh Siem Siok Lien, nama Lunpia Pemuda kini berganti nama menjadi Lunpia Mbak Lien.

Lunpia Mataram

Lunpia Mataram. (travelingyuk.com)

Ada banyak pembuat lunpia di Jalan Mataram, tapi salah satunya adalah Tan Yok Tjay, generasi keempat lunpia semarang (sama seperti Mbak Lien). Dia bahkan mendapat julukan sebagai master chef lunpia mataram, lo.

Lunpia Cik Me Me

Lunpia Cik Me Me. (Gurukecil.com)

Lunpia di sini dibikin oleh generasi kelima lunpia semarang, Meliani Sugiarto atau Cik Me Me. Berada di Jalan Gajah Mada, lunpia yang sebelumnya bernama Lunpia Delight itu menyediakan lunpia dengan berbagai variasi isian, di antaranya original, daging sapi, kakap, kepiting, jamur, dan kambing jantan.

Rasa adalah selera setiap lidah. Nggak ada yang bisa memastikan mana yang lebih enak. Selain keempat tempat tersebut, masih banyak tempat penjual lunpia dengan rasa yang khas di Semarang. Nggak percaya? Berkunjunglah ke Kota Lunpia dan silakan buktikan sendiri! (IB20/E03)