Suasana Perdesaan Jadi Daya Tarik 3 Rumah Makan di Yogyakarta Ini

Suasana Perdesaan Jadi Daya Tarik 3 Rumah Makan di Yogyakarta Ini
Suasana perdesaan di tempat makan Moelih Ndeso, Yogyakarta. (Moelihndeso)

Menikmati masakan rumahan dengan suasana perdesaan, siapa yang bisa menolaknya? Di tempat-tempat ini, kamu bakal disuguhi menu yang mungkin nggak bakal kamu temukan kota. Mana saja?

Inibaru.id – Hiruk-pikuk kota sering membuat kita lelah. Terkadang, suasana perdesaan begitu kita rindukan, termasuk untuk urusan makan. Menu ndesa pun acap menjadi daya tarik tersendiri, yang bagi sebagian tempat makan kemudian dijadikan sebagai strategi menarik pelanggan.

Di Yogyakarta, nggak sulit menemukan rumah makan dengan konsep perdesaan. Berada di tempat-tempat ini, kamu bakal serasa kembali ke tanah kelahiran atau tengah berlibur ke rumah nenek. Di mana saja?

Moelih Ndeso, Sleman

Rumah Makan Moelih Ndeso. (Instagram/moelih.ndeso)

Alat makan tradisional seperti teko air minum dan dan piring saji menjadi daya tarik tersendiri di rumah makan ini. Nggak hanya itu, masakan lezat yang dimasak menggunakan arang juga bisa menjadi alasan kenapa kamu harus berkunjung ke Moelih Ndeso.

Di tempat yang secara harfiah berarti “pulang kampung" ini, kamu bisa menikmati patin bumbu rempah ijo dan gurame bakar yang menjadi menu favoritnya. Selain itu, kamu juga harus mencicipi kopi sambil menikmati pemandangan alam yang aduhai.

Tertarik? Moelih Ndeso berada di wilayah Denokan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Geblek Pari Nanggulan, Kulonprogo

Geblek Pari Nanggulan Yogyakarta. (Lagilibur)

Menu masakan rumahan seperti sayur lodeh, telur krispi, mendoan, krupuk, dan nasi merah, bisa menjadi alasan kenapa kamu harus berkunjung ke rumah makan yang berlokasi di Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo ini. Hm, berada di sini seperti lagi KKN, Millens! Ha-ha.

Nggak hanya makanan, perbukitan hijau dan asri juga bisa membuatmu lepas sejenak dari penatnya kota. Kamu bisa memilih makan di dalam atau luar ruangan. Eits, tapi kalau lagi cerah, mending duduk di luar saja ya.

Ingkung Kuali, Bantul

Ingkung Kuali Bantul, Yogyakarta. (Jogjaonstage)

Ingkung dikenal sebagai salah satu masakan khas dari Bantul. Pun demikian dengan rumah makan yang satu ini. Di kalangan pencinta kuliner Yogyakarta, Ingkung Kuali cukup terkenal, lo.

Perlu kamu tahu, ingkung adalah ayam utuh yang biasanya dimasak dengan santan. Disantap dengan nasi, ingkung paling pas ditemani oseng godong kates (tumis daun pepaya) yang juga menjadi menu andalan di rumah makan yang buka mulai pagi hingga malam ini.

Hm, gimana, siap “kembali ke desa” dan menyantap menu kuliner kampungnya yang bikin tambah berselera? (IB20/E03)

Tags :