Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas dengan Sambal Kacang

Sroto Sokaraja, Soto Khas Banyumas dengan Sambal Kacang
Sroto Sokaraja. (Eatjogja)

Berbeda dengan soto Semarang atau Solo yang bening, soto khas Banyumas ini berkuah agak keruh mirip mi ongklok dari Wonosobo. Sroto Sokaraja namanya. Soto tersebut memiliki rasa yang khas karena dibubuhi sambal kacang sebagai pelengkapnya.

Inibaru.id – Soto dikenal hampir di seluruh Indonesia. Namun, kuliner yang diadopsi dari masakan Tiongkok itu selalu punya ciri khas di masing-masing daerah, nggak terkecuali di Banyumas, Jawa Tengah.

Dengan tambahan sambal kacang yang membuat rasanya begitu khas, masyarakat setempat menyebutnya Sroto Sokaraja. Soto ini dihidangkan dengan topping kerupuk cantir yang terbuat dari ketela pohon, kemudian disantap bersama ketupat. Hm, sungguh nikmat!

Menggugah selera, kan? (Merahputih)

Seperti umumnya soto, sroto sokaraja menggunakan daging ayam dan sapi sebagai isiannya. Potongan daging dicampur dengan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, dan merica bubuk.

Kunyit membuat kuah sroto berwarna kekuningan. Rasanya? Hm, sedap! Maka, jika belum pernah mencicipinya, silakan lengkapi wisata kulinermu dengan berburu sroto sokaraja. Soto Sutri dan Soto Kecik Sokaraja mungkin bisa menjadi referensimu.

Oya, seporsi sroto sokaraja dibanderol dengan harga Rp 20 ribu saja. Nggak terlalu mahal, kan? Baiklah, selamat mencari, Millens! (IB15/E03)