Tak Pernah Lengkap ke Kudus Tanpa Mencicipi Soto Kerbau

Tak Pernah Lengkap ke Kudus Tanpa Mencicipi Soto Kerbau
Soto Kudus. (dapurablett.wordpress.com)

Irisan daging kerbau yang empuk dan gurih berpadu dengan segarnya kuah bening kaya rempah, itulah gambaran Soto Kudus. Dalam semangkok soto itu, semua bahan menyatu menghasilkan rasa yang bikin nagih. Yumm!

Inibaru.id - Negeri ini kaya dengan kuliner soto berbagai rasa adalah sebuah fakta. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya yang istimewa. Kudus, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, juga mempunyai kekayaan kuliner soto yang sudah melegenda.

Soto Kudus disajikan dalam sebuah mangkuk kecil. Di dalamnya ada nasi, irisan daging kerbau, tauge, bawang putih goreng, dan kuah bening yang kaya rempah. Jika pengin sempurna lagi, ada satai telur puyuh, satai jerohan, perkedel, gorengan, dan paru kerbau yang bakal melengkapi semangkuk sotomu.

Soto kerbau khas Kudus bersama para pelengkapnya. (indonesia-campur.blogspot.com)

Berbeda dengan kebanyakan soto yang menggunakan daging ayam atau sapi, soto Kudus memakai daging kerbau. Ya, warga Kudus memang lebih familiar dengan daging kerbau ketimbang daging lainnya seperti sapi. Ini bermula dari ajaran Sunan Kudus yang mengajarkan umatnya untuk menghargai agama lain, termasuk Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

So, sebagai wujud penghormatan, umat Islam di Kudus mengganti sapi dengan kerbau. Kamu bakal mudah menemukan soto kudus di Kota Kretek. Nggak hanya soto kerbau, warung-warung yang berderet di pinggir jalan itu juga umumnya menyediakan soto kudus yang berisikan suwiran ayam, bukan irisan daging kerbau.

Soto ayam khas Kudus, alternatif buat kamu yang kurang suka soto kudus berbahan daging kerbau. (dapurablett.wordpress.com)

Ada beberapa warung soto kudus yang sudah tenar di kalangan pencinta kuliner, antara lain soto kudus Bu Jatmi, Pak Denuh, Karso Karsi, Pak Ramidjan, dan lain-lain. Namun, ada pula warung-warung soto kudus yang dikumpulkan dalam satu tempat, yakni di kompleks perbelanjaan makanan khas Kudus, yaitu Taman Bojana yang letaknya nggak jauh dari Simpangtujuh.

Kompleks warung soto kudus di Taman Bojana Kudus. (indonesia-campur.blogspot.com)

Harga semangkok soto kudus cukup variatif, berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu untuk warung-warung yang sudah kondang. Yap, untuk semangkuk soto, ini terbilang cukup mahal.

Namun, tenang, buat kamu yang punya teman orang Kudus dan belum menikah, kamu punya kesempatan menikmati soto kudus dengan gratis, yakni ketika temanmu itu menikah.

Ya, sudah menjadi kebiasaan warga Kudus untuk menyediakan soto tersebut pada resepsi pernikahan atau khitanan. Pada jamuan lain pun terkadang mereka menyediakan soto kaya rempah itu. Yeah, tapi masak mau makan soto kudus saja pakai nunggu temanmu nikah dulu? Ha-ha. (IB20/E03)