Ke Kendal? Jangan Lupa Cicipi Soto Dengkul yang Segar Ini

Berbeda pada soto pada umumnya yang menyajikan daging baik ayam maupun kerbau dan sapi. Di, Kendal, soto disajikan bersama dengan daging bagian lutut atau dengkul.

Ke Kendal? Jangan Lupa Cicipi Soto Dengkul yang Segar Ini
Soto Dengkul khas Kabupaten Kendal. (Majalahhandal.kendalkab)

Inibaru.id – Soto sebagai salah satu kuliner khas Indonesia memang memiliki banyak varian rasa. Hampir setiap daerah di Indonesia punya soto khas masing-masing. Kesemua soto itu juga berbeda-beda lo, seperti soto di Kendal satu ini.

Di Kendal, ada kuliner soto yang diracik dengan dengkul atau lutut sapi. Eits, tapi nggak berarti sotonya disajikan dengan lutut sapi utuh lengkap bersama tulangnya, ya. Soto kreasi Siti Mualifah ini hanya memanfaatkan sum-sum yang ada di kaki sapi.

Majalahhandal.kendalkab.go.id (28/12/2017) menulis, bumbu soto yang sudah ada sejak 2011 lalu itu diracik secara khusus. Sayur yang melengkapi soto juga nggak menggunakan gajih atau lemak. Jadi, soto ini lebih segar dibanding soto-soto lain.

Soto ini biasanya disajikan dengan sambal lombok galak dan sambal tomat. Bagi kamu yang suka makanan pedas, pas banget nih!

Soto dengkul cukup terkenal di masyarakat Kendal maupun luar Kendal. Bahkan, nggak jarang sejumlah wisatawan dari luar kota sengaja mampir di Kendal untuk mencicipi kenikmatan soto dengkul ini. Soto ini pun perlahan menjadi salah satu ikon kuliner Kabupaten Kendal.

Bagi sobat Millens yang penasaran dan pengin nyoba, kamu bisa mampir ke salah satu warung yang menyediakan soto dengkul yakni Warung Soto Dengkul Bu Alif di Jalan Soekarno-Hatta Barat No.8, Jamberarum, Patebon. Harga satu porsi soto ini hanya Rp 16 ribu, kok. (IB23/E04)