Sorgum, Bahan Pangan dengan Banyak Manfaat

Sorgum, Bahan Pangan dengan Banyak Manfaat
Sorgum diolah bersama pelbagai buah di Yunani. (simplysorghum.com)

Pemerintah tengah memopulerkan kembali sorgum pada masyarakat. Lewat pelbagai bentuk olahan, sorgum diklaim memiliki banyak keunggulan ketimbang nasi. Benarkah itu?

Inibaru.id – Masih banyak orang Indonesia yang belum familiar dengan sorgum. Padahal, dibandingkan dengan nasi, sorgum memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Dengan nilai gizi yang lebih tinggi ini pula, sorgum memiliki beberapa keunggulan.

Bagi penderita diabetes, sorgum adalah pengganti yang tepat. Kadar gula dalam bahan pangan ini lebih rendah sehingga membantu mereka mengontrol kesehatan. Kalau kamu sedang berdiet, sorgum juga bisa membantumu merasa kenyang lebih lama. Kandungan seratnya yang tinggi jelas bikin kesehatan pencernaanmu lebih terjaga.

https://www.bakefromscratch.com/wp-content/uploads/2018/08/Pecan450MBS-e1533659214238-696x561.jpg

Sorghum diolah pula menjadi bahan tambahan kue. (bakefromscratch.com)

Bicara soal manfaat lain, bahan ini bagus untuk konsumsi hewan ternak. Dengan kandungan protein yang tinggi, sorgum membantu meningkatkan berat hewan ternak sekitar 10–15 persen. Biji-bijinya bisa dimanfaatkan sebagai pakan burung puyuh dan ayam. Selain itu, sorgum juga bisa diolah menjadi sirop hingga pupuk, lo. Wah!

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, akan lebih baik kalau kamu mencoba mulai mengonsumsinya dulu. Siapa tahu, ini bakal berlanjut menjadi kebiasaan dan gaya hidup.

Jadi, sesekali boleh dong mengganti nasi dengan sorgum? (IB15/E03)