Sisa Kuliner Zaman Kolonial yang Masih Eksis di Pekalongan: Softdrink Zadul Limun Oriental

Sebelum cola atau softdrink ternama merebak di minimarket Indonesia, minuman berkarbonasi ini sudah lebih dulu dikenal anak-anak di Pekalongan dan sekitarnya. Limun Oriental namanya. Dari sedikit yang tersisa, minuman tersebut masih eksis di sana!

Sisa Kuliner Zaman Kolonial yang Masih Eksis di Pekalongan: <em>Softdrink</em> Zadul Limun Oriental
Limun Oriental Cap Nyonya Silhuet. (Catatan Backpacker)

Inibaru.id – Bicara soal minuman khas Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, sebagian orang mungkin otomatis teringat Limun Oriental. Minuman ini telah menjadi salah satu rujukan jika kamu berniat melakukan wisata kuliner di sana.

Orang Pekalongan kerap pula menyebutnya banyu londo yang dalam bahasa Indonesia berarti air Belanda. Konon, limun oriental memang dulu hanya dikonsumsi para bangsawan dan penjajah.

Njoo Giok Lien sebagai salah satu produsen memperkenalkan minuman ini pada masyarakat sejak 1920. Menggunakan merek Cap Nyonya Silhuet, Njoo Giok Lien mempertahankan produknya selama berpuluh-puluh tahun saat produsen-produsen lain bertumbangan.

Menilik segi rasa, limun oriental memiliki rasa yang mirip cola atau semacamnya yang kini banyak tersedia di etalase minimarket.

Berbahan dasar sari buah, asam sitrat, karbondioksida, dan gula, minuman ini terkesan menimbulkan uap laiknya minuman berkarbonasi atau softdrink saat dikonsumsi.

Limun, minuman zaman SD anak milenial yang masih bertahan hingga kini. (Local Guides Connect)

Tertarik mencicipinya? Ada beberapa rasa yang disediakan, di antaranya nanas, melon, jeruk, air soda, sirsak, framboze, dan kopi moka. Harganya murah, lo. Dengan Rp 7.500 saja, kamu sudah bisa menikmati kesegaran limun oriental.

Kalau pengin mencicipinya, datang saja ke Kafe Limun Oriental di Jalan Rajawali Utara Nomor 15. Kafe ini menyuguhkan arsitektur bergaya kolonial. Supaya nggak salah waktu, datang saja pada pukul 08.00–16.00 WIB ya!

Oya, kafe ini tutup pada Jumat dan hari-hari libur nasional, Millens. Jadi, harus ambil saat weekday seperti sekarang ini kalau mau ke sini.

Duh, jadi haus nih. Yuk cicipi limun oriental-nya dulu biar tenggorokan segar kembali! (IB15/E03)