Siapa Bilang Ikan Kembung Nggak Sesehat Ikan Salmon? Ini Faktanya!

Siapa Bilang Ikan Kembung Nggak Sesehat Ikan Salmon? Ini Faktanya!
Omega-3 dalam ikan kembung (cookpad.com)

Ikan menjadi lauk favorit bagi kebanyakan orang. Selain enak, ikan juga tinggi nutrisi. Hanya, apakah benar jika ikan salmon memiliki nutrisi lebih tinggi dari ikan kembung? Anggapan ini belum tentu benar, lo, Millens. Ini buktinya.

Inibaru.id – Di masa pandemi seperti saat ini, kita diwajibkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan mengatur pola makan. Semakin baik asupan makanan yang kita konsumsi, semakin kuat daya tahan tubuh.

Niken Salindri, salah satu anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyarankan masyarakat memanfaatkan keberagaman pangan di Indonesia.

“Jadi, usahakan tetap mengonsumsi makanan yang bervariasi sumber gizinya, seperti sumber karbohidrat dan proteinnya,”kata Niken.

Niken menyebut variasi asupan pangan yang dimakan turut mempengaruhi ketahanan pangan secara umum. Variasi makanan nggak hanya soal memilih menu makanan, melainkan juga cara untuk membuat masakan di rumah menjadi lebih menarik. Selain itu, pilihan karbohidrat pun nggak harus selalu nasi putih. Kamu bisa memvariasikannya dengan jagung, kentang rebus dan sebagainya.

Selain memperhatikan asupan karbohidrat, kamu juga harus memperhatikan asupan protein, lemak, sayur, buah-buahan dan menjaga asupan cairan setiap hari agar tetap sehat.

Salah satu olahan ikan kembung yang sangat lezat. (uniek88.wordpress)
Salah satu olahan ikan kembung yang sangat lezat. (uniek88.wordpress)

Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan menganjurkan masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar asupan serat tubuh dapat terjaga dengan seimbang.

Triyani juga menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein agar nggak mudah lemas. Makanan lokal seperti ikan kembung pun sangat disarankan karena memiliki asam lemak omega-3 yang nggak kalah saing dengan ikan salmon.

Jadi, pandangan bahwa ikan lokal nggak cukup bergizi dan kalah pamor dengan ikan impor nggak bisa dibenarkan. Makan ikan kembung yang memiliki banyak asam lemak omega-3 sudah cukup untuk memberikan manfaat kesehatan seperti mendukung relaksasi otot, fungsi pencernaan, dan fungsi pembekuan darah.

Sumber protein pun bisa juga didapat dari bahan pangan yang mudah terjangkau dan bervariasi seperti tahu, tempe, dan telur. Makanan-makanan tersebut juga kaya akan protein. Hal ini berarti, kamu nggak harus selalu makan ikan dan daging.

Bila kamu seorang vegetarian, juga tetap bisa mendapatkan sumber protein dari bahan nabati seperti kacang hijau, kedelai, dan menu kacang-kacangan lainnya. Jadi nggak ada lagi alasan untuk kesulitan mencukupi kebutuhan protein harian.

Kamu lebih suka ikan kembung atau ikan impor seperti ikan salmon, nih Millens? Nggak nyangka ya, ternyata ikan kembung gizinya juga cukup tinggi dan baik bagi kesehatan. Yuk, sering-sering mengonsumsinya! (Fem/MG31/E07)