Si Mungil Manis nan Legit dari Boyolali Bernama Dodol Susu

Dodol susu yang legit ini siap menjadi buah tanganmu saat berkunjung ke kabupaten yang berslogan Boyolali Tersenyum!

Si Mungil Manis nan Legit dari Boyolali Bernama Dodol Susu
Dodol susu sebagai salah satu produk unggulan Boyolali. (Twitter)

Inibaru.id – Tidak hanya di Garut, dodol juga menjadi kudapan khas yang cocok dijadikan oleh-oleh dari di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di kabupaten yang terkenal sebagai penghasil susu sapi itu, dodol pun bercita rasa susu. Yap, Dodol Susu namanya.

Laiknya kebanyakan dodol, kudapan yang terbuat dari campuran susu sapi murni, ketan, dan gula, ini juga memiliki tekstur yang kenyal. Bedanya, ada rasa gurih dari susu pada dodol ini, yang cukup pas berpadu dengan rasa manis.

Dodol susu dibuat tanpa bahan pengawet, Millens. Ini membuat dodol hanyak bertahan tak lebih dari seminggu. Jadi, kalau mau membelinya untuk oleh-oleh di rumah, pastikan nggak lebih dari tanggal kedaluarsa ya.

Proses pembuatan dodol susu di Boyolali. (Solopos)

Dodol susu khas Boyolali bisa kamu temukan di Dukuh Pentongan, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Di sana, kamu bisa menemukan sekelompok ibu-ibu yang terjun langsung dalam proses pembuatan dodol.

Siti Ngaisyah kepada Kompas (28/12/2014) menuturkan, proses pembuatan dodol susu membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Diawali dengan merebus susu murni hingga mengental, adonan kemudian dicampur dengan gula yang telah dimasak hingga bertekstur seperti karamel.

Setelah keduanya bercampur, tepung beras ketan dan tepung terigu ditambahkan. Kalau sudah matang dan teksturnya mengenyal, ini menandakan dodol telah matang dan siap dikemas. 

Salah satu jenama produk dodol susu khas Boyolali. (kisahfoto)

Nah, buat kamu yang penasaran pengen mencicipi dodol tapi belum bisa ke Boyolali, kamu bisa beli via daring, kok. Cobalah, mungkin kamu bakal ketagihan! Ha-ha. (IB23/E03)