Si Mungil Gurih Khas Pemalang Ini Bernama Ogel-Ogel

Si Mungil Gurih Khas Pemalang Ini Bernama Ogel-Ogel
Ogel-ogel, oleh-oleh khas Kabupaten Pemalang. (Tokopedia)

Pemalang nggak cuma punya kuliner khas seperti Nasi Grombyang, lo! Kabupaten berjuluk Kota Ikhlas itu juga punya buah tangan khas yakni ogel-ogel.

Inibaru.id – Sejenis kerupuk berbentuk kecil lonjong; panjangnya sekitar 2-3 centimeter; warnanya putih kecokelatan dengan rasa yang gurih; begitulah ciri khas ogel-ogel. Kudapan khas Kabupaten Pemalang itu sering dijadikan buah tangan para pelancong yang melakukan lawatan ke Kota Ikhlas.

Proses produksi Ogel-Ogel dalam skala industri rumahan di Pemalang. (Maszaladventure)

Ogel-ogel terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan gula, garam, keju dan bumbu khusus. Kudapan ini bertekstur renyah dan rata-rata nggak mengandung pengawet, jadi, aman kalau dikonsumsi tiap hari.

Kabarpemalang.com (16/9/2013) menulis, nama ogel-ogel terilhami dari bentuknya yang kecil memanjang. Sekilas, bentuk ogel-ogel mirip ulat, lo. Ha-ha.

Packaging Ogel-Ogel yang praktis untuk dijadikan buah tangan. (Bukalapak)

Bagi kamu yang sedang melancong atau sekadar mampir istirahat di Pemalang, ogel-ogel ini cocok kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Sejumlah toko, khususnya toko oleh-oleh di Pemalang menjual ogel-ogel baik secara kiloan maupun yang sudah dikemas rapi.

Untuk masalah harga, jangan risau ya! Dengan harga Rp 10.000 per bungkus, kamu sudah bisa membawa pulang kudapan khas Pemalang ini. Jadi, jangan sampai terlupa ya! (IB23/E04)