Si Manis Toso, Camilan "17+"

Jika Purwoketo punya Nopia maka Purbalingga, Jawa Tengah, punya Toso. Terbuat dari bahan yang sama, yang membedakan adalah bentuknya. Bahkan bentuknya yang khas tersebut menjadikan makanan dengan rasa manis itu disebut sebagai makanan khusus 17 tahun ke atas, lo.

Si Manis Toso, Camilan "17+"
Toso (tokobolinggo.blogspot.co.id)

Inibaru.id - Berkunjung ke suatu daerah, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya, termasuk ketika kamu meyambangi Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jika kamu melintasi kota yang berjulukan Kota Perwira itu, kue toso atau biasa disebut toso ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang.

Hmm, memangnya seperti apa sih toso?

Buat kamu yang sudah tahu nopia atau mino, toso ini sebenarnya nggak berbeda jauh dari makanan oleh-oleh khas Purwokerto tersebut. Melansir wahyuhika.blogspot.co.id, kedua makanan khas tersebut rasanya juga mirip karena keduanya sama-sama terbuat dari bahan baku yang sama. Seperti halnya nopia atau mino, toso ini juga terbuat dari tepung beras, kacang hijau, dan gula.

Baca juga:
Makanan Idola di Tegal Itu Nasi Lengko
Sambal Tumpang Boyolali, Tempe Semangitnya Menggoda Lidahmu

Sama-sama memiliki rasa yang manis, namun yang membedakan keduanya adalah bentuk penampilannya. Adonan dari bahan-bahan kue tersebut setelah diaduk rata kemudian dibuat menjadi bentuk yang diinginkan. Bedanya jika nopia atau mino dibuat menjadi bentuk bulat, sedangkan toso dibuat dengan bentuk pipih seperti piring lalu dilipat dan digoreng.

Oya, perlu kamu tahu nih, toso ini juga disebut sebagai makanan khusus untuk 17 tahun ke atas, lo. Kenapa? Pasalnya bentuk toso ini terbilang unik. Jika kamu perhatikan dengan teliti, maka sepintas bentuk toso menyerupai organ vital perempuan. Wah, ada-ada saja ya.

Nah, toso ini cocok dijadikan oleh-oleh karena termasuk cukup awet dan tahan lama. Terdiri atas beberapa varian rasa seperti rasa bawang, keju, cokelat dan kacang, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya. Jika ingin membelinya, toso banyak di jual di toko oleh-oleh di daerah Purbalingga dan sekitarnya. Biasanya, toso ini akan kamu jumpai dikemas rapat dalam bungkusan plastik dengan merek yang disablon di bagian luarnya.

Baca juga:
Soto Kemiri Pati, Gurih dan Segar
Sagon, Makanan Gurih Manis Khas Wonosobo

Bagaimana harganya? Soal harga kamu tenang saja, yang jelas ramah dengan isi dompet kok. Untuk sebungkus toso yang berisi sekitar 12 buah, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 20 ribu saja. Murah, bukan?

Memiliki isian yang penuh, toso renyah di luar namun lembut ketika digigit. Dijamin bikin lidah kamu jadi ketagihan ketika memakannya. (ALE/SA)