Camilan Renyah-Legit dari Purbalingga Ini Menyembunyikan Kacang

Berburu camilan khas daerah jadi salah satu agenda penting saat berkunjung ke kota lain. Nah, kalau kamu berkunjung ke Purbalingga, Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk membeli camilan renyah nan legit ini.

Camilan Renyah-Legit dari Purbalingga Ini Menyembunyikan Kacang
Kacang umpet (Cookpad.com)

Inibaru.id – Salah satu camilan enak dari Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini kini banyak dicari orang. Yap, camilan itu adalah kacang umpet. Teksturnya yang renyah cocok sekali jadi camilan.

Nama kacang umpet diambil dari bentuknya, Millens. “Umpet” dalam bahasa Jawa berarti “sembunyi”. Jadi, ada kacang yang bersembunyi di balik kue manis dari Purbalingga ini.

Sekitar 13 tahun lalu, masyarakat Purbalingga mulai memproduksi dan menjual jajanan tersebut. Ditulis laman purbalinggakab.go.id, sentra pembuatan camilan manis ini banyak terdapat di Desa Toyareja, Kecamatan Purbalingga.

Nah, kalau mau beli dalam jumlah besar, Sobat Millens lebih baik langsung datang ke Desa Toyareja. Harganya tentu akan lebih murah ketimbang membeli di pusat oleh-oleh.

Di desa itu ada tiga industri rumah tangga yang konsisten memproduksi kacang umpet. Salah satunya di kediaman Budiyono. Sukses merintis usaha kacang umpetnya, kini Budiyono sudah memiliki  40 pekerja. Kebutuhan sehari-harinya pun bisa terpenuhi dari usaha camilan itu.

Dirinya mengaku, tidak mudah mengembangkan bisnis kacang umpet. Namun, dengan ketekunan dan kesabaran, akhirnya Budiyono bisa memetik hasil manis jerih payahnya.

Kalau Sobat Millens pingin coba tapi nggak bisa beli di Purbalingga, makanan ini juga bisa kok dibuat sendiri di rumah.  Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya.

Pertama, siapkan bahan-bahan untuk membuat kacang umpet. Bahannya banyak dan mudah dicari, Millens. Kamu cukup menyiapkan tepung terigu, air, margarin, kacang tanah sangrai, minyak goreng dan gula pasir.

Kalau bahan sudah lengkap, kamu bisa mulai mengolahnya menjadi kacang umpet. Yap, inilah bagian paling menyenangkan karena kamu bisa mengolah bahan-bahan tersebut jadi camilan yang enak.

Tuangkan air sedikit demi sedikit ke terigu yang sudah kamu tempatkan dalam suatu wadah. Aduk dan uleni hingga kalis. Sembari mengaduk, lelehkan margarin atau mentega kemudian campurkan ke dalam adonan yang telah kalis, kemudian uleni kembali adonan tersebut.

Nah, setelah itu bentuklah adonan menjadi lembaran-lembaran tipis dengan menggunakan penggilingan. Lalu, susun lembaran tersebut dan potong dengan ukuran 6 cm x 6 cm atau sesuai seleramu. Nantinya, lembaran adonan tepung ini yang akan menjadi selimut kacang tanah sangrai.

Jadi, kamu harus meletakkan satu butir kacang tanah pada lembaran adonan selimut, lalu gulung dan tekan kedua sisi kiri serta kanan juga tengah agar menempel. Lakukan sampai adonan habis.

Kalau adonan sudah selesai dibentuk menyelimuti kacang, mulailah memanaskan minyak goreng di wajan. Kemudian masukkan gula pasir pada minyak panas biarkan sampai gula mencair.

Setelah itu, goreng adonan kacang umpet dan biarkan adonan menyatu dengan caramel dari gula pasir. Goreng sambil diaduk sampai matang. Lalu tiriskan, dan kacang umpet siap dinikmati!

Gimana, Millens? Bikin kacang umpet ternyata mudah, ya. (IB06/E02)