Si Biru Kembang Telang: Dari Bunga yang Cantik, Terciptalah Minuman nan Unik

Si Biru Kembang Telang: Dari Bunga yang Cantik, Terciptalah Minuman nan Unik
Kembang telang yang dibuat minuman. (Instagram)

Teh biru atau teh telang, dalam setahun terakhir, menjadi minuman yang banyak dijual di kafe-kafe dengan label "minuman herbal". Tak hanya minuman, bunga cantik itu juga telah lama menjadi bagian makanan yang memberi kesan manis dengan aroma bunga yang cukup kuat.

Inibaru.id - Bunga berwarna biru keunguan ini banyak umbuh liar di semak-semak kawasan beriklim tropis seperti Indonesia. Telang namanya. Bentuk bunganya unik seperti (maaf) klitoris, karenanya bernama latin Clitoria ternatea.

Di Indonesia dan Malaysia, telang telah lama menjadi pewarna alami untuk warna biru yang aman dikonsumsi. Beberapa makanan berbahan nasi diwarnai dengan bunga yang juga dikenal sebagai butterfly pea tersebut.

Bunga telang. (Secure.bluechai)

Selain pewarna makanan, telang juga menjadi bahan utama minuman yang dikenal sebagai nam dok anchan di Thailand. Masyarakat setempat percaya, meminum ramuan herbal tersebut mampu membersihkan darah dan menambah kesuburan bagi perempuan.

Setali tiga uang, orang Indonesia dan Malaysia juga menjadikan kembang telang sebagai ramuan minuman laiknya teh tapi berwarna biru mangsi. Biasanya, bunga dikeringkan lebih dulu, baru diseduh dengan air panas atau direbus untuk diambil sarinya.

Saat dipadukan dengan beberapa bahan lain, teh telang bakal berubah warna. (Holotropicherbs)

Teh telang nggak terlalu wangi seperti jasmine tea. Kendati begitu, aroma bunga menyerupai mawar yang ringan dan memberi kesan manis, itu tetap bisa dinikmati dalam teh tersebut. Untuk memperkaya rasa, teh nggak jarang dipadukan dengan madu yang manis atau lemon yang agak asam.

Konon, bunga telang mampu mencegah atau menurunkan obesitas dan menghilangkan metabolisme tubuh yang terganggu. Berbagai penelitian juga menyebutkan, telang mampu mencegah glikasi, anti inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

Nasi kerabu berwarna biru khas Malaysia. (Twitter/mamandakl)

Benarkah demikian? Silakan coba sendiri, karena bunga telang kering sudah banyak diperjual belikan di toko daring. Sejumlah kafe juga mulai menyajikan menu kuliner mereka dengan sentuhan bunga telang, baik untuk makanan maupun minuman. Berani coba? (IB20/E03)