Setelah Ikut FSS 2019, Kunjungi 3 Tempat Makan di Temanggung dan Wonosobo Ini!

Sukses menggelar Festival Sindoro-Sumbing tak hanya berimbas pada dunia pariwisata, tapi juga kuliner di kedua wilayah penyelenggara, yakni Temanggung dan Wonosobo. Namun, tahukah kamu mana saja tempat makan yang sebaiknya kamu kunjungi kalau ke dua kabupaten tersebut?

Setelah Ikut FSS 2019, Kunjungi 3 Tempat Makan di Temanggung dan Wonosobo Ini!
Bakso Lombok Uleg khas Temanggung. (Twitter/arieparikesit)

Inibaru.id – Festival Sindoro-Sumbing (FSS) 2019 baru saja selesai digelar. Perhelatan perdana hasil kerja sama Temanggung dengan Wonosobo itu terbilang sukses. Tak hanya di dunia pariwisata, ragam kuliner di dua wilayah di lereng Gunung Sindoro-Sumbing tersebut juga kian dikenal wisatawan.

Wonosobo selama ini dikenal dengan Dataran Tinggi Dieng-nya yang sudah diketahui secara global. Sementara, Temanggung adalah penghasil tembakau. Namun, lebih dari itu, makanan di dua wilayah itu juga nggak kalah menggiurkan, lo. Apa saja?

Bakso Lombok Uleg Pak Di, Temanggung

Bakso lombok uleg. (Temanggungkab)

Yap, sesuai namanya, lombok uleg (cabai gerus), bakso khas Temanggung ini menggunakan cabai yang digerus di dalam mangkuk, lalu disiram kuah bakso bening tanpa campuran lemak daging. Bakso bercita rasa pedas-hangat ini sangat cocok dimakan di daerah bersuhu sejuk seperti Temanggung.

Bakso yang buka pukul 11.00-20.00 WIB ini berada di sebelah barat Gedung DPRD di Alun-alun Temanggung.

Nasi Godog Pak Mul, Temanggung

Nasi Godog. (Satujam)

Nasi Godog yang buka menjelang makan malam, sekitar pukul 19.00 WIB ini berada di depan BNI46 Temanggung yang bersebelahan dengan Apotek Krisna.

Yang istimewa dari makanan khas Temanggung ini adalah cara pembuatannya yang dimasak di atas tungku arang. Rasanya sedap dan gurih, karena nasi dengan bakmi rebus dan irisan daging ini diguyur kuah kaldu ayam kampung dan campuran bawang putih, kecap, tomat, dan daun bawang.

Mie Ongklok Longkrang

Mi ongklok. (Ikamawon.wordpress)

Dari sekian banyak warung mi ongklok Wonosobo, Mie Ongklok Longkrang mungkin menjadi salah satu yang paling terkenal. Lokasi kedai ini strategis dan mudah ditemukan, yakni sekitar 10 menit berjalan kaki dari Alun-alun Wonosobo, tepatnya di Jalan Pasukan Ronggolawe.

Hm, tertarik menyambanginya? Nah, setelah FSS 2019 kelar, jangan buru-buru pulang. Yuk, berwisata kuliner di dua kabupaten di Jawa Tengah tersebut! (IB20/E03)