Seruput Kemangi dan Bunga Telang dalam Segelas Minuman Sehat di Javara Culture Semarang

Seruput Kemangi dan Bunga Telang dalam Segelas Minuman Sehat di Javara Culture Semarang
Di Javara Culture, kemangi dan bunga telang disulap menjadi minuman segar. (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Kemangi dan bunga telang dikenal sebagai bahan campuran makanan. Namun di Javara Culture, kamu bakal mendapati keduanya dalam segelas minuman. Seperti apa sih rasanya?

Inibaru.id - Semarang memang lagi panas-panasnya. Siang itu saya melangkahkan kaki saya dengan cepat ke salah satu bangunan kuno di sekitar Taman Srigunting Kota Lama Semarang untuk berteduh. Bau rempah-rempah langsung menyeruak memenuhi hidung saya. Adalah Javara Culture, resto yang menjual berbagai rempah, bahan makanan dan masakan organik.

Nggak hanya makananan, Javara Culture juga mencoba memperkenalkan berbagai minuman organik kepada warga Kota Semarang.

Contohnya lemonade kemangi serta bunga telang soda gembira. Meski kemangi dan bunga telang dikenal sebagai bahan pelengkap makanan, tapi Javara Culture menyulapnya menjadi minuman segar. Wah!

Sekilas, penampilan lemonade kemangi ini hampir sama dengan es sari tebu. Harganya Rp 25.000 (Inibaru.id/ Annisa Dewi)

Kemangi yang biasanya menjadi lalapan kini disajikan satu gelas bersama lemon dan soda. Penampilannya nggak begitu asing kok, Millens! Warna hijau dari sari kemangi asli mengendap di bagian bawah bersama beberapa iris lemon serta soda. Ketika diaduk, sekilas penampilannya nggak jauh dengan es sari tebu. He

Saya sangat terkejut dengan rasa minuman ini. Eits, singkirkan jauh-jauh citra rasa dan aroma kemangi yang menyengat ya. Rasa segar lemon dan sodalah yang mendominasi. Sedangkan aroma dan rasa kemangi yang khas jadi tambahan yang ringan. Menyegarkan!

Warna ungu kebiruan di segelas ini dihasilkan dari bunga telang lo, Millens! (Inibaru.id / Annisa Dewi)

Bunga telang soda gembira nggak kalah unik, Millens! Jangan bayangkan soda gembira dari campuran susu, soda, dan sirop warna merah. Javara memakai sari bunga telang sehingga menghasilkan warna ungu kebiruan. Soda serta perasan jeruk nipis lagi-lagi bikin minuman berharga Rp 25.000 ini terasa lebih menyegarkan. Saat menyeruput, saya bisa merasakan sereh di dalamnya. Hm, benar-benar unik!

Oh ya, bunga telang memang nggak punya rasa sehingga multi fungsi. Mau digunakan untuk pewarna makanan atau minuman juga nggak bakal memengaruhi rasa kok.

FYI, kemangi dan bunga telang yang digunakan Javara ini dijamin organik. Nggak cuma segar tapi dijamin sehat. Yang bikin salut, aneka bahan yang dipakai di kafe ini dikembangkan oleh petani lokal lo.

Nah buatmu yang pengin nyobain minuman unik dari bahan-bahan alami ini, langsung saja deh cus ke Javara Culture yang terletak di sekitar Taman Srigunting. (Zulfa Anisah/E05)

 

Javara Cafe

Kategori                                   : Restoran

Alamat                                     : Jl. Taman Srigunting Kota Lama

Jam Operasional                       : 08.00 – 22.00 WIB (Setiap Hari)

Harga Makanan dan Minuman    : Rp. 17.500 – 65.000