Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kuluban dengan Urap dan Gudangan

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kuluban dengan Urap dan Gudangan
Seporsi kuluban. (Youtube.com/Dapur Dina)

Di daerah lain, makanan ini mungkin dikenal sebagai urap atau gudangan. Namun, kuluban khas Jepara tetap memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari yang lain. Apakah itu?

Inibaru.id – Di Indonesia, kamu dapat dengan mudah menemukan beragam makanan tradisional berbahan dasar sayuran. Makanan-makanan itu biasanya juga mewakili suatu wilayah. Misal, ada gudeg khas Yogyakarta, pecel khas Madiun, dan gudangan khas Semarang. Sederhana memang, namun makanan-makanan itu nggak pernah kekurangan penggemar.

Selain ketiga makanan itu, ada juga kuluban sebagai makanan tradisional berbahan dasar sayuran di Indonesia. Makanan yang satu ini berasal dari Kabupaten Jepara, Millens. Sepintas memang terlihat mirip urap atau gudangan. Namun jika ditilik lebih jauh, kuluban memiliki perbedaan dengan urap atau gudangan lo.

Seporsi urap. (Sajian Sedap)

Kuluban memang terdiri atas beraneka ragam sayur yang telah direbus kemudian ditaburi dengan bumbu kelapa. Namun, nggak semua sayuran dalam kuluban direbus. Yap, tauge dalam kuluban disajikan dalam keadaan mentah. Sedangkan dalam urap atau gudangan, semua sayuran benar-benar direbus.

Kemudian, ada satu konten yang nggak ada dalam urap atau gudangan, yakni nangka muda. Sementara, seporsi urap atau gudangan biasanya juga dilengkapi dengan menu tambahan seperti telur rebus dan ikan asin. Oya, berbeda dengan urap dan kuluban, bumbu gudangan merupakan bumbu kacang. Wah, serupa tapi nggak sama bukan?

Gudangan dilengkapi dengan bumbu kacang. (Instagram.com/gembulfoodie)

Rasa kuluban mungkin hampir mirip dengan urap atau gudangan. Namun, perbedaannya ada pada umbu kelapa. Pedas atau nggaknya kuluban juga dapat disesuaikan dengan banyaknya bumbu kelapa dalam seporsi kuluban ya. Kamu bisa request sendiri pada penjualnya.

Jika sedang berada di Jepara, kamu dapat dengan mudah menemukan kuluban di pasar-pasar tradisional, kok.

Perbedaan tipis antara kuluban, urap, dan gudangan semakin menunjukkan bahwa Indonesia benar-benar kaya ya? Jadi semakin cinta dengan makanan Indonesia deh! Ha-ha. (IB10/E03)