Seri Kuliner Asia Tenggara: Vietnam, Padukan 5 Elemen Rasa dan Indra!

Selain masih dibuat dengan cara tradisional, makanan Vietnam juga punya ciri khas unik lainnya, Apa saja? Mari menyimak!

Seri Kuliner Asia Tenggara: Vietnam, Padukan 5 Elemen Rasa dan Indra!
Spring rolls. (Vietnam Travel Guide)

Inibaru.id – Sebagai salah satu negara di Kawasan ASEAN, Vietnam juga patut diperhitungkan sebagai negara yang wajib dikunjungi para pencinta wisata kuliner. Yap, terlebih, baru-baru ini camilan Spring Rolls ala Vietnam memang tengah digandrungi karena rasanya yang enak dan supersehat.

Nah, sebelum mencoba makanan Vietnam, ada baiknya kamu tahu ciri-ciri kuliner khas negara dengan sebutan Vietnam Rose tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  1. Tidak Pernah Melewatkan Kecap Ikan

Kecap ikan Vietnam. (PinkKorset.com)

Masyarakat Vietnam terbiasa menggunakan kecap ikan sebagai penyedap makanannya. Kecap ikan memiliki rasa umami dan terbuat dari ikan teri dan garam. Beberapa jenama kecap bahkan menambahkan gula dan protein gandum dihidrolisis.

Kecap ikan digunakan untuk masakan yang direbus, saus, sayuran, nasi goreng, dan cocolan makanan. Cairan berwarna cokelat bening ini memiliki aroma ikan yang kuat dan sangat asin.

  1. Menggunakan 5 Elemen Rasa

Bumbu masak (1freewallpapers)

Ciri lain makanan Vietnam adalah memasukkan lima elemen rasa dalam masakannya. Jika masakan Indonesia lebih lazim hanya memasukkan elemen manis, asin, asam, dan pedas, masakan Vietnam juga memasukkan elemen kelima, yakni pahit.

Kelima komponen rasa ini dianggap sebagai penyeimbang cita rasa makanan khas Vietnam.

Nggak hanya itu, makanan khas Vietnam juga konon dibuat berdasarkan kelima pancaindra. Jadi, proses maupun hasil masakan Vietnam selalu dibuat dengan mempertimbangkan pengecap, penglihatan, pendengaran, pembau, dan peraba. Wah, paket komplet banget, ya!

  1. Memiliki Aroma Rempah yang Lembut

Makanan khas Vietnam (H.I.S Travel)

Makanan khas Vietnam berbeda dengan makanan khas Indonesia yang kental dengan bumbu dan rempah-rempah. Aroma rempah yang digunakan pada masakan ala Vietnam justru cenderung lebih lembut, meski tetap mampu membangkitkan selera makan.

  1. Menggunakan Ramuan Herbal Segar

Makanan sehat (Pixabay)

Hampir mirip masakan Mediterania, makanan Vietnam juga kerap menggunakan ramuan herbal segar. Yap, hampir sebagian besar hidangan di Vietnam dioalah dengan ramuan herbal segar, seperti Houttuynia Cordata (Giấp cá), Limnophila aromatica (ngò ôm), Knotgrass (Polygonum Aviculare), dan masih banyak lagi.

Hm, sebelum mencicipi masakan Vietnam, mungkin ada baiknya kamu membiasakan diri dengan rasa pahit ya, Millens! Jadi, nggak cuma hidup saja yang dibikin pahit. Ha-ha. (IB06/E03)