Seri Kuliner Asia Tenggara: Thailand, Penuh Rempah dan Kaya Rasa!

Sebelum coba kuliner Thailand, cari tahu dulu yuk ciri khasnya!

Seri Kuliner Asia Tenggara: Thailand, Penuh Rempah dan Kaya Rasa!
Tom yum (Pinterest)

Inibaru.id - Di Indonesia, kuliner asal Thailand jadi salah satu makanan favorit. Yap, siapa yang nggak tahu tom yum, mango sticky rice, hingga pad thai? Hm, menyebutkan namanya saja sudah bikin perut keroncongan, Millens!

Nah, ciri khas kuliner Thailand bisa kamu perhatikan dari makanannya yang kini populer di Indonesia. Salah satunya adalah tom yum yang memiliki kuah segar dengan kari aneka rempah. Yap, ciri dari makanan Thailand memang menggunakan rempah-rempah segar.

Kuliner khas Thailand jarang menggunakan rempah yang sudah dikeringkan. Hanya ada beberapa rempah kering yang digunakan, seperti bubuk fivespice (phong phalo) dan bubuk kari (phong kari).

Rempah segar yang banyak digunakan adalah daun jeruk purut (bai makrut), daun pandan (bai toei), daun ketumbar (phak chi), serai (takhrai), basil Thailand, serta daun mint.

Makanan khas tahiland (Pixabay)

Menu tom yum yang biasa kamu nikmati biasanya menggunakan rempah berupa lengkuas (kha), kunyit (khamin), finger root (krachai), dan merica (phrik thai).

Tidak hanya rempah, tom yum atau hidangan sup khas Thailand lain juga selalu menggunakan santan. Biasanya santan akan dipadukan dengan kunyit segar dan daun jeruk, sehingga menghasilkan rasa asam yang segar.

Dilansir dari Cairofood (25/2/2019), rasa asam dalam makanan Thailand biasanya berasal dari asam jawa (tamarind) atau cuka kelapa, sedangkan rasa manis sering berasal dari gula aren dan gula kelapa.

Selain rempah-rempah, ada pula bumbu lain yang jadi ciri khas makanan Thailand, seperti saus ikan fermentasi (nam pla), saus tiram (namman hoi), pasta cabai (nam phrik), pasta kari (phrik kaeng), kecap ringan (si-io khao), kecap hitam (si-io dam), dan saus kedelai (taochiao).

Makanan khas Thailand. (makananoleholeh.com)

Semua bumbu dan bahan-bahan tersebut digunakan agar makanan Thailand memiliki keseimbangan rasa antara manis, asam, pahit dan asin.

Biar nggak penasaran, kamu bisa mencoba menu seperti tom yum kung (sup dengan udang), pad thai (mie goreng), kari massaman (kari), som tam (salad pedas dari parutan pepaya mentah) atau khao phat (sejenis nasi goreng).

Gimana rasa masakan-masakan itu? Silakan buktikan masakan penuh rempah yang kaya rasa itu! (IB06/E03)