Seri Kuliner Asia Tenggara: Filipina, Dipengaruhi Budaya Eropa!

Sudah pernah coba buko pie belum? Kalau penasaran buko pie itu apa, simak tulisan tentang penganan dari Negara Lumbung Padi ini, ya!

Seri Kuliner Asia Tenggara: Filipina, Dipengaruhi Budaya Eropa!
Kuliner Filipina, buko pie. (Angsarap.net)

Inibaru.id – Salah satu kuliner khas yang harus kamu coba adalah makanan Filipina. Yap, berbeda dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara, Filipina punya cita rasa yang lebih unik. Ini karena masakan Filipina tidak hanya dipengaruhi oleh budaya Melayu dan Tiongkok, tapi juga Eropa.

Budaya Eropa yang bisa kamu temukan pada makanan Filipina berasal dari Spanyol dan Amerika. Karena itulah, masakan Filipina tidak terlalu kental rempah seperti masakan Indonesia, Thailand, atau Malaysia.

Halo-halo, kuliner khas Filipina. (Angsarap.net)

Selain itu, roti juga jadi makanan pokok di Filipina. Jadi, masyarakat di sana biasa mengonsumsi nasi atau roti sebagai penggantinya. Yap, mirip-mirip kebiasan orang Eropa, kan?

Salah satu makanan Filipina yang dipengaruhi oleh budaya Eropa adalah Buko Pie. Camilan ini menyerupai custard pie ala Eropa. Bedanya, buko pie memiliki isi yang agak padat dan rasanya lebih manis karena menggunakan kental manis dan kelapa.

Sementara, makanan Filipina yang dipengaruhi budaya Melayu dan Tiongkok biasanya bercita rasa asin dan manis atau asin dan asam. Masakan Filipina tersebut biasanya sering menggunakan saus seperti cuka, kecap, jus calamansi (citrus madurensis) atau kombinasi ketiganya. Mereka biasa menggunakan saus ikan, pasta ikan, pasta udang, dan jahe sebagai bumbunya.

Bulalo, makanan khas Filipina. (Youtube.com/Yummyph)

Tidak hanya itu, orang Filipina juga gemar menggunakan sayuran dan buah-buahan dalam masakannya. Bahan makanan itu di antaranya pisang, jambu biji, mangga, pepaya, nanas, bayam air, napa kubis, terong, tomat, dan bawang putih.

Yap, ada ratusan hidangan tradisional di Filipina yang berbahan daging, seperti daging ayam, babi, sapi atau makanan laut yang direbus dengan sayuran, saus tomat, kedelai, atau nanas. So yummy!

Gimana Millens? Sesekali mencoba makanan dengan sensasi rasa berbeda pasti akan menyenangkan! (IB06/E03)