Serabi Kalibekuk, Kue Raksasa dari Kabupaten Batang

Serabi Kalibekuk, Kue Raksasa dari Kabupaten Batang
Serabi Kalibekuk khas Batang. (youtube)

Meski terbuat dari bahan yang sederhana yaitu terpung beras, kelapa parut, santan, dan gula, serabi kalibekuk khas Batang memiliki keistimewaan tersendiri. Bentuknya yang nggak biasa dijamin bisa bikin perutmu tenang seharian.

Inibaru.id – Namanya serabi kalibekuk. Jajanan khas Batang, Jawa Tengah. Jika selama ini serabi yang banyak kamu jumpai berbentuk kecil dan tipis, serabi kalibekuk ini berbeda. Memiliki diameter 15 cm dan tebal 4 cm, camilan ini pas banget untuk mengganjal perut. Dijamin kenyang deh!

Proses pembuatan serabi kalibekuk. (radarpekalongan.co.id)

Kue ini dipercaya berasal dari Desa Kalibekuk, kecamatan Warungasem. Konon, orang yang pertama membuat serabi ini seorang perempuan bernama Nyai Radinem. Hingga masyarakat percaya hanya keturunan Sang Nyai yang mengetahui rahasia pembuatan kue ini.

Ukuran serabi kalibekuk lebih besar dari serabi pada umumnya. (portalbatang.id)

Ada dua varian serabi kalibekuk yaitu cokelat (manis) dan putih (gurih). Uniknya, serabi ini dijual per tangkup, Millens. Asyik kan? Yang bikin senang tentu saja harganya. Murah banget, lo. Nggak sampai Rp 10.000 kamu bisa membawa pulang dua serabi berukuran jumbo. 

Serabi kalibekuk yang siap dijajakan. (portalbatang.id)

Oya, biar tambah endes, kamu bisa menikmati kue ini bersama secangkir kopi atau teh. Wah, bikin ngiler aja ya, Millens. Jadi, jangan sampai lupa beli serabi kalibekuk pas kamu ke Batang ya! (IB23/E05)