Semudah Ini! Rahasia Tumis Kangkung Tetap Hijau dan Renyah

Semudah Ini! Rahasia Tumis Kangkung Tetap Hijau  dan Renyah
Tumis kangkung hijau segar membuat selera makan meningkat. (Beragamberita.com)

Meski hanya tumis kangkung, nyatanya bisa banget meningkatkan selera makan. Apalagi kangkung yang masih terlihat segar dan renyah ditambah nasi hangat. Sayangnya, banyak yang nggak tahu cara menjaga kangkung tetap hijau begitu tersaji di meja. Padahal caranya nggak sulit. 

Inibaru.id – Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya mengapa tumis kangkung yang dijual di restoran selalu tampak menggoda? Warnanya hijau segar dan renyah. Makan pun jadi lebih berselera.

Beda kalau mengolah kangkung di rumah. Warnanya akan menghitam dan kurang menarik padahal baru lima menit tersaji di meja makan. Alhasil warna ini turut membuat anak nggak pengin melahapnya. Padahal, kangkung sangat baik dikonsumsi karena mengandung protein, lemak, dan kalsium.

Jadi, nggak ada salahnya mencari tahu bagaimana cara membuat kangkung secantik sajian restoran. Yuk, kulik rahasia kangkung tetap cantik sehabis ditumis!

Tips Tumis Kangkung Tetap Hijau

1. Pilih Kangkung Berukuran Besar

Kamu perlu memperhatikan jenis kangkung yang akan digunakan. Pilihlah kangkung besar seperti kangkung dari Sukabumi atau Manado. Dengan begitu, kangkung nggak mudah layu. Setelah itu, pisahkan daun dari batangnya. Untuk memasaknya, jangan masukkan sekaligus. Pertama masak batangnya, baru masukkan daunnya.

2. Campur Bumbu Dalam Mangkuk

Campurkan semua bumbu dalam mangkuk kemudian siram pada kangkung yang telah berubah warna. (Shutterstock/Kompas)
Campurkan semua bumbu dalam mangkuk kemudian siram pada kangkung yang telah berubah warna. (Shutterstock/Kompas)

Kamu bisa memasak tumis kangkung dengan bumbu pilihanmu. Nah, agar si kangkung nggak butuh waktu lama untuk dimasak, campurkan semua bumbu, termasuk air jika kamu menggunakannya. Orang biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak kangkung karena harus memasukkan bumbu satu persatu.

Kamu bisa menghemat waktu dengan memasukkannya sekaligus begitu kangkung berubah warna. Setelah mendidih, segera angkat dan santap.

3. Matangkan Bahan Tambahan

Biar lebih nikmat, bahan lain seperti daging ayam, cumi, sosis, atau bakso biasa ditambahkan pada tumis kangkung. Nah, untuk mencegah kangkung overcook, masak dulu bahan tambahan ini hingga matang. Setelah itu, giliran kangkung dimasukkan.

4. Dibuat Kangkung Hotplate

Makan kangkung dari hotplate? Why not? Pertama, siapkah piring hotplate yang terbuat dari baja. Panaskan sampai benar-benar panas. Sementara itu, kamu juga perlu menyiapkan saus atau bumbu kangkung yang panas.

Letakkan hotplate di meja makan, masukkan kangkung, dan siram dengan saus. Ditumis dengan hotplate membuat kangkung akan tetap berwarna hijau segar. Agar tekstur kangkung tetap crunchy tapi matang, ambil batang kangkung yang muda. Segera nikmati kangkung setelah dirasa pas matangnya.

Kunci utama tumis kangkung yang berwarna hijau adalah langsung disantap dan dihabiskan sesaat setelah matang. Kalau dipikir-pikir, hal ini ada benarnya lo. Ketika membeli kangkung di restoran, kita biasanya langsung menghabiskannya sehingga kangkung nggak sempat berubah warna dan tetap renyah. Bandingkan ketika harus membungkusnya. Kangkung akan berubah menjadi agak hitam.

Buat kamu yang masih penasaran memasak kangkung hijau segar ala restoran, tips di atas bisa kamu ikuti. Eh, puasa sudah di depan mata, siapa tahu tumis kangkung hijau segar yang renyah bisa bikin buka puasa dan sahur lebih bersemangat. Selamat berkreasi, Millens!  (Saj/IB21/E07)