Selamat Datang Bulan Juli, Waktu yang Tepat untuk Berburu Durian Terbaik!

Selamat
Datang Bulan Juli, Waktu yang Tepat untuk Berburu Durian Terbaik!
Konon, Juli adalah waktu yang tepat untuk mencari durian terbaik! (Shutterstock/gowithstock)

Durian terbaik berdaging tebal, pulen, dan dengan rasa yang legit. Nah, bulan Juli dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berburu durian terbaik. Kenapa? 

Inibaru.id – Berkulit keras, berduri seperti landak, itulah durian. Dari segi tampilan, buah yang disebut sebagai “sang raja” itu memang terlihat kurang menarik. Namun, begitu kulit tebalnya berhasil dibuka, aromanya yang semerbak dan rasanya yang legit bikin siapa pun pengin menggigit.

Meski nggak semua orang suka aroma durian, hampir nggak ada yang menolak buah bernama latin Durio zibethinus tersebut ketika dibikin pie, pancake, martabak manis, atau isian strudel dan kue sus. Hm, kebayang rasanya, dong?

Kue sus dengan fla durian. Hm, legit! (Pixabay/Jason Goh) 
Kue sus dengan fla durian. Hm, legit! (Pixabay/Jason Goh) 

Nah, buat kamu yang keranjingan banget sama buah yang banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara ini, bulan Juli adalah waktu yang tepat untuk berburu durian terbaik.

Mengutip Kumparan (8/1/2020), Pakar Manajemen Produksi Tanaman UGM Yogyakarta Dody Kastono mengatakan, durian kualitas terbaik adalah yang dipanen sekitar Juni hingga Agustus. Menurutnya, cuaca dan iklim sangat memengaruhi perkembangan dan hasil panen durian.

Duh, bikin ngiler, kan? (Shutterstock)
Duh, bikin ngiler, kan? (Shutterstock)

Perlu kamu tahu, sejak berbunga, durian butuh waktu sekitar lima bulan untuk matang. Nah, durian yang proses berbunganya dimulai akhir musim penghujan, yang umumnya pada Februari-Maret, hasil panennya paling bagus. Waktu panen itu berkisar antara Juni hingga Agustus.

Sementara, durian yang berbunga pada musim kemarau (Juli-September), kualitas durian yang dihasilkan akan menurun. Dody menerangkan, bunganya mungkin berkembang bagus, tapi lantaran terus kena air hujan, rasa manis durian bakal berkurang.

Tertarik mencobanya? (iStockphoto)
Tertarik mencobanya? (iStockphoto)

Setali tiga uang, Salim, pemilik kios Durian Salim, seperti ditulis Kompas (8/3/2018), mengungkapkan, awal panen durian di Indonesia dimulai pada pertengahan tahun. Lelaki yang telah puluhan tahun menjadi distributor durian ini menambahkan, kawasan Medan dan Aceh panen pada Juli-Agustus.

Hm, gimana untuk kawasan Jawa Tengah? Salim mengatakan, wilayah Semarang, mulai dari Gunungpati hingga Ambarawa, panen durian berlangsung dari September sampai Desember. Kendati demikian, durian di Jawa Tengah dan Timur umumnya panen Februari hingga Maret.

Butuh <i>effort </i>untuk membuka durian yang berkulit tebal dan berduri. (Alamy/Sabina Pensek)
Butuh effort untuk membuka durian yang berkulit tebal dan berduri. (Alamy/Sabina Pensek)

Nah, gimana, nih, sudah tahu kan kalau bulan ini adalah waktu yang tepat untuk berburu durian terbaik? Zaman teknologi, meski di Jawa, kamu tetap bisa menikmati durian Aceh dan Medan via olshop, kan? Ha-ha. (IB04/E03)