Selama di Lombok, 6 Makanan Ini Pasti Bikin Ketagihan

Rahasia di balik kenikmatan ayam taliwang terletak pada pemilihan ayam kampung yang masih tergolong muda. Dagingnya yang masih empuk tentu akan memanjakan lidah Anda.

Selama di Lombok, 6 Makanan Ini Pasti Bikin Ketagihan
Ayam Taliwang (Foto: google.com)

Inibaru.id - Lombok adalah pulau menawan dengan panorama alam begitu romantis bagi siapapun yang tengah berbulan madu. Sempat dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik versi Internasional World Halal Travel Award 2015, pulau ini juga menyajikan berbagai makanan yang pasti akan sulit untuk dilupakan.

Dilansir dari Reservasi.com, hampir semua makanan di Lombok menarik untuk dicicipi. Kendati demikian, setidaknya ada enam masakan yang pantang untuk dilewatkan selama Anda berlibur ke Pulau Seribu Masjid tersebut.

1. Plecing Kangkung

Siapa sangka plencing kangkung yang begitu mudah ditemui di sekitar kita ini ternyata merupakan makanan khas Lombok. Meski gampang ditemui di mana-mana, mencicipi plencing kangkung dari daerah asalnya tentu jauh lebih sedap, kan?

Kangkung dan taoge yang dipadu dengan bumbu cabai, tomat, dan terasi, serta taburan kacang goreng tentu akan menggugah selera makan Anda. Hm, hati-hati pedas!

2. Ayam Taliwang

Ayam taliwang sudah sejak lama dikenal sebagai hidangan populer yang berasal dari Lombok. Untuk penyajiannya, ayam bisa dibakar atau digoreng.

Rahasia di balik kenikmatan ayam taliwang terletak pada pemilihan ayam kampung yang masih tergolong muda. Dagingnya yang masih empuk tentu akan memanjakan lidah Anda.

3. Sate Bulayak

Secara bentuk dan bumbu, Sate Bulayak sangat mirip dengan Sate Madura. Yang membedakan hanyalah lontong pelengkapnya yang dibungkus daun aren. Yang unik, untuk membuka lontong, Anda harus mengikuti ulir daun arennya.

Sesuai kebiasaan lokal, Anda tidak menikmati sate bulayak menggunakan sendok atau garpu, melainkan menggunakan tangan.

4. Nasi Balap Puyung

Sepaket nasi balap puyung terdiri dari nasi dengan topping ayam suwir, dipadu dengan cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon, dan lauk belut. Selain kenikmatannya, ada satu hal yang bakal terkenang di mulut Anda: makanan ini superpedas!

5. Ares

Bagi Anda yang kurang suka pedas, Ares mungkin bisa menjadi pilihan. Berbahan dasar pelepah pisang muda dan santan, Anda akan menikmati “lodeh” yang manis dan gurih.

Bagi Suku Sasak, Ares adalah pendamping nasi dalam acara pernikahan. Makanan ini biasanya dipadukan dengan satay.

6. Sate Tanjung

Berbeda dengan Sate Bulayak yang berbahan dasar daging sapi, Sate Tanjung memanfaatkan daging ikan cakalang sebagai bahan utama. Anda wajib mencobanya karena sulit mendapatkan sate ini di luar Lombok.

Rasa sate ini gurih lantaran mengandung santan dan rempah khas Lombok. Sate Tanjung enak dinikmati saat panas, dipadukan dengan nasi atau lontong. Untuk mencicipinya, Anda bisa mencari sate ini di Pasar Tanjung.

Demikian adalah beberapa makanan yang wajib dicicipi saat kalian datang ke Lombok. Di jamin cita rasanya akan membuat kalian jauh hati dan makin betah berada di sana. (OS/IB)