Selain Nasi, Sahur Tetap Nikmat dengan Empat Makanan Ini

Selain Nasi, Sahur Tetap Nikmat dengan Empat Makanan Ini
Mengganti nasi atau karbohidrat dengan protein kala sahur cukup baik. (Nhathuoclongchau)

Nggak semua orang di Indonesia bisa menanggalkan nasi saat menyoal makan besar. Padahal, nasi bisa diganti dengan sejumlah makanan ini. Apa saja?

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, bulan puasa menjadi momen untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Kendati harus menahan lapar dan haus sepanjang hari, sebagian orang memilih tetap mengontrol makanan yang mereka konsumsi pada waktu sahur dan berbuka.

Selain membatasi konsumsi gorengan dan pemanis, kamu juga bisa mendapatkan berat badan ideal selama puasa dengan mengganti nasi. Dengan beberapa bahan makanan ini, perut yang ideal bisa kamu dapatkan!

Oat

https://prods3.imgix.net/images/articles/2017_09/non-feat-rolled-oats-vs-quick-oats.jpg?auto=format%2Ccompress&ixjsv=2.2.3&w=670

oat mengandung serat yang tinggi. (Tastingtable)

Oat mengandung serat yang tinggi sekaligus membantumu menjaga berat badan. Makanan ini juga terhitung memiliki kandungan lemak yang rendah, lo.

Dengan rutin mengonsumsi oat saat puasa, ini berarti kamu menjaga kesehatan jantungmu. Kalau bosan mengonsumsinya sebagai bubur, kamu bisa mencari resep-resep diet yang menggunakan oat sebagai campurannya.

Protein

https://media.phillyvoice.com/media/images/food-eggs.2e16d0ba.fill-735x490.jpg

Telur membantumu merasa kenyang lebih lama. (Phillyvoice)

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang bisa membantumu kenyang lebih lama selama berpuasa. Namun, ingat, mengonsumsinya harus dengan cara direbus ya.

Selain telur, kamu juga bisa mengolah ikan dan daging sebagai menu sahur dan berbukamu. Hindari metode memasak dengan menggorengnya. Dietmu akan lebih efektif jika kamu mengolah bahan-bahan itu dengan memanggang, membakar, atau memepesnya.

Roti Gandum

Roti gandum bisa jadi pengganti nasi. (Sehatly)

Kalori yang rendah bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi roti gandum. FYI, semakin hitam warnanya, semakin tinggi kandungan seratnya, lo.

Kalau mau berkreasi, nggak ada salahnya menyantap makanan ini dengan buah-buahan. Alpukat, ceri, atau stroberi yang sudah dipotong-potong bisa kamu tambahkan sebagai topping di atasnya.

Umbi-Umbian

https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/By_cbwPhDP0gqzGYR9xxwImjOOo=/680x383/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1392235/original/070594900_1478011128-umbi.jpg

Umbi-umbian mengandung karbohidrat kompleks yang membantu menjaga berat badan. (Fimela)

Umbi-umbian seperti singkong, kentang, ubi jalar, talas, suweg, ganyong, gadung, uwi, dan gembili adalah makanan terbaik untuk menghasilkan karbohidrat kompleks. Nggak ada salahnya sahur dengan menyantap umbi-umbian itu. Tapi ingat, tetap jangan digoreng ya! He-he.

Gimana, mau sahur dengan apa nih? Meski sudah mengontrol makanan untuk sahur dan berbuka puasa, jangan malas olahraga ya. Nggak usah selama dan sekeras hari-hari biasa, yang penting tubuh tetap bergerak. Jadi, yuk, olahraga dan makan makanan yang menyehatkan! (IB15/E03)