Kerap Dijadikan Pembungkus Makanan, Begini Manfaat Daun Pisang

Kerap Dijadikan Pembungkus Makanan, Begini Manfaat Daun Pisang
Daun pisang punya manfaat saat digunakan sebagai pembungkus makanan. (Wandaspazzer)

Sejumlah makanan atau jajanan tradisional banyak yang dibungkus menggunakan daun pisang. Bukan tanpa alasan, begini manfaat daun pisang bila dipakai sebagai pembungkus makanan.

Inibaru.id – Bila dicermati, banyak sekali makanan atau jajanan tradisional yang dibungkus menggunakan daun pisang. Sebut saja pepes, sate, nasi bakar, otak-otak, dan sebagainya biasa dibungkus dengan daun pisang. Sekalipun zaman sudah modern, beberapa pembuat tetap mempertahankan pembungkus alami tersebut.

Setelah ditelusuri, daun pisang memang punya khasiat untuk membuat makanan terasa lebih nikmat, Millens. Selain itu, daun pisang juga memiliki beberapa manfaat berikut ini.

Aman dan Sehat

Daun pisang. (Manfaat)

Lantaran didapat secara alami, daun pisang nggak mengandung unsur bahan kimia. Hal inilah yang membuat beberapa orang lebih menyarankan daun pisang daripada plastik atau kertas untuk membungkus makanan. Karena bersifat alami, daun pisang dipercaya dapat mengurangi risiko makanan tercemar bahan kimia.

Selain itu, daun pisang juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Kandungan ini berguna untuk melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Dengan menjadikan daun pisang sebagai pembungkus, polifenol yang terkandung di dalamnya bakal terserap dengan sendirinya tanpa dimasak.

Bungkus daun pisang juga bersifat ramah lingkungan karena daun pisang merupakan bahan organik yang mudah terurai. Penggunaan daun pisang untuk pembungkus makanan pun mudah. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan kain basah dan dipotong sesuai kebutuhan sebelum digunakan.

Makanan Menjadi Lebih Nikmat

Daun pisang untuk membungkus makanan. (Nakita)

Nakita.grid.id, Sabtu (31/3/2018), menulis, para penikmat kuliner tradisional Indonesia percaya makanan yang dibungkus daun pisang dapat menambah cita rasa menjadi lebih nikmat. Pendapat itu rupanya bukan tanpa alasan, lo.

Daun pisang diketahui punya lapisan menyerupai lilin yang memiliki aroma khas. Apalagi ketika cara pengolahannya dibakar, aroma ini akan semerbak dan menyatu dengan makanan sehingga cita rasanya semakin nikmat.

Manfaat Lain Daun Pisang

Daun pisang bisa menjadi obat. (Blog UAD)

Daun pisang juga memiliki manfaat lain yang berfungsi sebagai obat untuk segala macam penyakit seperti menyembuhkan luka di kulit, mengobati ketombe di kulit kepala, obat penetralisir racun serangga, bahkan obat kecantikan kulit. Ini karena daun pisang mengandung allantolin yang berperan untuk memperbarui sel kulit mati di lapisan kulit tubuh manusia. Oleh karena itu, daun pisang cocok dijadikan sebagai obat kulit dan kecantikan.

Nah, itulah beberapa manfaat daun pisang, Millens. Hayo, mana nih yang suka makan jajanan atau makanan yang dibungkus daun pisang. (IB07/E04)