Selain Karena Manis, Ini Alasan Es Krim Bikin Kita Selalu Ketagihan

Es krim menjadi kudapan favorit semua usia karena rasanya yang dingin, manis dan lembut. Seperti candu, kita ingin terus menjilatnya sampai es krim habis nggak bersisa lagi.

Selain Karena Manis, Ini Alasan Es Krim Bikin Kita Selalu Ketagihan
Es krim. (Portsoyicecream)

Inibaru.id - Millens, apa kamu sering menegur adik atau keponakanmu yang masih kecil untuk nggak keseringan makan es krim? Es krim memang jadi jajanan favorit anak-anak. Tapi, keasikan dan kelezatan es krim nggak cuma milik mereka saja, lo. Para orang dewasa juga seolah kecanduan dengan kenikmatan makanan beku yang terbuat dari susu itu.

Kenapa es krim bisa sangat memikat penggemarnya untuk selalu melahapnya lagi dan lagi, ya? Dilansir dari CNN Indonesia (4/3/2019), ternyata sifat adiktif es krim itu ada penjelasannya.

Rasanya yang Lezat

Es krim yang ngangenin. (Khalifahmedia)

Steve Young, seorang ahli kimia makanan menjelaskan rasa es krim terdiri dari enam variabel, yaitu tampilan yang menggugah selera, aroma yang muncul saat es krim leleh di mulut, rasa asam dari buah atau pahit dari vanila dan coklat, rasa es krim keseluruhan, tekstur dan suhu es krim. Semua itulah yang bikin es krim tampak istimewa dan ngangenin.

Rasa Manis yang Bikin Candu

Manis yang pas membuat es krim menjadi candu masyarakat. (Loveandoliveoil)

Gail Civille, Presiden Sensory Spectrum, perusahaan konsultan rasa berpendapat rasa manis pada es krim harus tepat dan nggak boleh berlebihan. Itu yang membuat konsumen ingin mencobanya terus-menerus.

Jumlah Lemak

Butterfat menjadi alasan kenapa es krim bikin kita pengin lagi dan lagi. (Snoqualmie Ice Cream)

Lemak dalam susu juga bagian yang penting dalam sajian es krim. Jumlahnya paling nggak 10 persen dari kandungan es krim. Makin banyak lemak susu atau butterfat, makin yahud rasanya di mulut.

Lelehan Es Krim

Es krim yang meleleh bikin kita nggak tahan. (Dfordelhi)

Mungkin kita nggak ngeh jika karakter lelehan es krim juga berperan penting menimbulkan candu. Proses pencairan es krim nggak boleh terlalu cepat atau terlalu lama.

Alina N Stelick, seorang peneliti es krim mengungkapkan bahwa proses es krim mencair memberikan pengalaman sensorik tambahan nggak seperti makanan lainnya, karena kita sebagai penikmat es krim nggak mendapatkan perubahan yang sama.

(Baca Juga: Dari Faloodeh di Iran, Es Krim Kemudian Berkembang)

Mm, rupanya segelas es krim yang kita nikmati mempunyai komposisi bahan yang amat sangat diperhitungkan sehingga hasilnya benar-benar bikin kita pengin nambah terus, ya? Pantas saja anak-anak nggak bisa menolak jika kita iming-imingi dengan es krim! (IB20/E03)