Selain Jeruk, Bau Amis Ikan Hilang dengan Bahan Makanan Ini

Selain Jeruk, Bau Amis Ikan Hilang dengan Bahan Makanan Ini
Masakan salmon dengan jahe dan mentimun. (The New York Times/Michael Kraus)

Bau amis ikan bisa berganti dengan sedapnya aroma rempah yang menyatu dengan gurihnya daging ikan. Asal, kamu bisa menghilangkan bau amis dengan bantuan bahan-bahan berikut ini.

Inibaru.id - Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Rasa yang gurih membuat ikan bisa diolah sesuai keinginan, misalnya digoreng, dibakar ataupun dipepes. Namun, terkadang rasa malas mengolah ikan melanda setelah ingat bau amisnya.

Hei, jangan malas dulu! Bau amis ikan bisa dengan mudah dihilangkan, kok. Orang-orang biasanya menggunakan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Air perasan itu lalu dibalurkan pada ikan yang hendak dimasak.

Namun, sebenarnya nggak hanya air jeruk yang bisa menghilangkan amis ikan, lo. Ada bahan penghilang bau amis ikan lain yang mudah kamu jumpai di dapur. Dilansir dari Fimela.com (1/11/2018), ada lima bahan makanan pengganti jeruk yang bisa menghilangkan bau amis. Apa saja itu?

Jahe

Hasil gambar untuk dicas para aliviar dor de ouvido

Jahe. (Gruil)

Satu hal yang pasti, aroma jahe sangatlah khas. Aroma itu rupanya bisa mengatasi bau amis ikan, caranya dengan membalurkan parutan jahe pada ikan. Diamkan beberapa saat. Setelah itu, cuci ikan dengan air bersih.

Garam

Garam. (Hellosehat)

Garam bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Namun, sebelum membubuhkan garam, cuci dulu ikanmu. Lalu, baluri ikan dengan garam secukupnya. Biarkan ikan sekitar lima menit di wadah, baru kemudian cuci kembali dengan air mengalir sampai bersih. Oiya, saat memasaknya, jangan sampai kebanyakan garam ya! Sebab, selain bau amis hilang, rasa asin garam juga meresap ke ikan.

Cuka

Cuka. (Pure-chemical)

Cuka juga cukup ampuh menghilangkan bau amis. Cara memasaknya yakni Llrutkan cuka dengan air secukupnya. Rendam ikan dengan larutan tersebut, diamkan sekitar lima menit. Setelah itu, cuci bersih ikan yang sudah direndam cuka.

Asam Jawa

Asam Jawa. (Portraitnusantara)

Ada dua cara menghilangkan bau amis ikan dengan menggunakan asam jawa. Pertama, remas asam lalu balurkan ke daging ikan. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Kedua, Larutkan asam jawa dengan air secukupnya, tunggu selama 20 menit. Setelah itu, cuci ikan sampai bersih.

Mentimun

Mentimun. (Mutuindonesia)

Parutan mentimun juga bisa kamu gunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan parutan mentimun secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

Ada banyak alternatif bahan yang bisa menghilangkan bau amis, kan? Jadi, yuk masak ikan supaya nggak ditenggelamkan. Ha-ha. Happy cooking, Millens! (IB20/E04)