Segarnya Sirup dan Manisan Carica, Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Carica merupakan buah yang banyak ditemui di Wonosobo. Namun, masyarakat Wonosobo memilih mengolah buah yang masih kerabat pepaya ini, alih-alih mengonsumsinya sebagai buah segar. Beberapa olahan itu di antaranya menjadi sirup dan manisan.

Segarnya Sirup dan Manisan Carica, Oleh-Oleh Khas Wonosobo
Manisan Carica. (sportourism.id)

Inibaru.id - Kulit buah carica berwarna kuning dan ketika dibelah, terlihat biji-biji hitam yang diselimuti selaput berwarna putih. mirip dengan biji markisa. Saat dimakan, biji buah carica berasa asam, sedangkan daging buahnya sepat. Inilah yang membuat carica lebih banyak dikonsumsi setelah diolah.

Olahan carica paling banyak dijual di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di sekitar Dataran Tinggi Dieng. Yap, lantaran suka dengan suhu dingin yang lembab, buah ini memang paling cocok dibudidayakan di sekitar dataran tertinggi di Jawa Tengah tersebut.

Eits, lantaran getah buahnya menimbulkan gatal-gatal, kamu harus memastikan tanganmu terhindar dari getah dan buah carica benar-benar sudah bersih sebelum diolah. Kamu mungkin bisa memakai sarung tangan saat mengupas dan memotong buah, serta mencucinya beberapa kali agar getah benar-benar lenyap.

Buah carica. (Satyawinnie)

Di Wonosobo, kamu bisa menemukan sejumlah rumah produksi olahan carica. Beberapa produk yang paling sering mereka jual, di antaranya adalah manisan dan sirup.

Untuk membuat sirup carica, kamu membutuhkan bijinya. Biji carica dikeruk dan ditambah sedikit air, kemudian diperas beberapa kali hingga aroma khas Carica hilang. Tambahkan air dan gula pasir secukupnya pada hasil perasan, kemudian rebus hingga mendidih! Setelah mendidih, sirup disaring untuk memisahkannya dari ampas.

Manisan dari Buah Carica

Jika sirup carica dibuat dari bijinya, manisan carica dibuat dari buahnya. Manisan carica cukup banyak dijadikan oleh-oleh lantaran rasanya yang segar, manis, dan sedikit asam. Aromanya harum dan buahnya kenyal seperti jelly.

Untuk membuat manisan carica, daging buah carica dipotong kecil-kecil berbentuk segitiga agar seragam. Daging buah bersama biji carica kemudian direbus bersama gula pasir. Manisan berukuran kecil biasanya dihargai Rp 4.000 saja.

Sirup yang dipadukan dengan manisan carica. (Youtube)

Sirup dan manisan carica paling dinikmati saat cuaca sedang panas. Paduan manis dan asam dua olahan carica bakal segar saat mencapai mulutmu, terlebih kalau diberi batu es. Hmm!! (MG28/E03)