Es Kacang Merah, Si Pelepas Dahaga dari Palembang

Nggak memandang apapun cuacanya, banyak yang selalu ingin menyantap menu es, terutama saat berbuka puasa, Nah, salah satu menu takjil yang harus kamu coba adalah es kacang merah khas Palembang. Seperti apa?

Es Kacang Merah, Si Pelepas Dahaga dari Palembang
Es Kacang Merah (miignon.com)

Inibaru.id - Kacang merah banyak dijadikan sebagai campuran makanan manis di berbagai negara, seperti isian roti, dorayaki, atau mochi. Sementara di Indonesia, kacang yang acap disebut kidney bean itu juga sering diolah menjadi sup hingga menu es yang merupakan minuman khas Palembang, Sumatra Selatan.

Es Kacang Merah belakangan banyak digandrungi masyarakat lantaran rasanya yang unik. Bayangkan, lembutnya kacang merah berpadu dengan es serut dan sirup merah di dalam mulutmu! Dingin dan manisnya es menyatu dengan rasa kacang merah yang khas. Menyegarkan dan cocok banget buat buka puasa, bukan?

Melansir satujam.com (28/5/2015), selain segar, es kacang merah juga memiliki banyak manfaat, lo. Ini lantaran kandungan nutrisi di dalam kacang merahnya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menyehatkan pencernaan, mengoptimalkan fungsi otak, meningkatkan energi tubuh dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu kota yang terkenal akan es kacang merahnya adalah Palembang. Es kacang merah Palembang ini biasanya dijual di tempat makan yang menyajikan masakan khas Palembang. Namun, kamu bisa kok kalau pengin bikin sendiri sebagai persiapan menu takjil.

Kacang merah sebagai bahan utama es kacang merah khas Palembang. (Udahsehat.com)

Nah, buat kamu yang penasaran dengan Es Kacang Merah, resep yang mengutip dari resepkoki.id ini mungkin bisa kamu jadikan referensi ya, Millens. Resep ini buat empat porsi ya!

Bahan:

  • 1 cup kacang merah kering, rendam semalaman hingga mengembang - 1 cup
  • 500 ml air
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 balok gula merah, sisir halus
  • 3 ruas jari kayu manis
  • ¼ sdt garam

Bahan Saus Santan:

  • 250 ml santan
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 2 lembar daun pandan, ikat

Bahan Pelengkap:

  • Es serut secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Sirup merah atau cocopandan secukupnya

Cara membuat:

  1. Tiriskan dan cuci bersih kacang hasil rendaman.
  2. Masukkan kacang ke dalam panci dan tambahkan kayu manis. Masak hingga kacang merah lunak;
  3. Masukkan gula merah, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan masak kembali hingga kuah mengental;
  4. Tuangkan larutan maizena. Aduk rata lalu masak hingga kuah mendidih dan mengental. Matikan api dan biarkan dingin;
  5. Saus santan: campurkan semua bahan saus santan, masak dengan api kecil sembari diaduk, angkat dan dinginkan;
  6. Siapkan gelas lalu masukkan 2 sdm kacang merah. Tuang sesuai selera: saus santan, es serut, sirup, dan susu kental manis;
  7. Es kacang merah siap disajikan.

Oya, kacang merah yang lezat haruslah benar-benar empuk, legit, manis dan bentuk bijinya utuh. Maka, proses perebusan kacang sangatlah penting. Selain merendamnya semalaman, jangan lupa untuk memastikan kacang merahnya telah benar-benar empuk sebelum memasukan gula dan garam. Sebab, kalau nggak, kacang merahnya akan sulit dan lama empuknya.

Es Kacang Merah. (bisnisbandung.com)

Cocok dijadikan menu takjil, selain segar dan nikmat, es kacang merah juga sehat dan higienis karena dibuat sendiri di rumah. So, selamat mencoba, Millens! (IB05/E03)