Segar dan Gurihnya Semangkuk Sup Ayam Khas Klaten

Segar dan Gurihnya Semangkuk Sup Ayam Khas Klaten
Seporsi sup ayam Klaten. (id.openrice)

Memakai daging ayam kampung pilihan, sup ayam khas Klaten identik dengan kuahnya yang gurih dan segar karena kaya akan kaldu. Di dalamnya pun nggak terdapat tambahan sayuran seperti wortel atau kentang sebagaimana sup pada umumnya.

Inibaru.id – Sobat Millens tentu merasa familier dengan sup ayam khas Klaten. Kelezatannya memang sudah merambah hampir seantero Jawa Tengah. Ini terbukti dengan persebaran warung sup ayam khas Klaten yang meluas hingga pelbagai wilayah di luar kabupaten tersebut. 

Di berbagai kota di Jawa Tengah, cabang warung sup ayam Klaten pun ada, di antaranya di Semarang, Solo, Boyolali, Banyumas, hingga Wonosobo.

Sejak lebih dari 50 tahun silam, sup ayam Klaten selalu menawarkan rasa yang autentik. Sup ayam Klaten identik dengan komposisinya yang hanya berisi daging ayam kampung dan kuah, tanpa tambahan sayuran seperti sup pada umumnya. Kuah sup ayam Klaten sedikit pekat dengan kaldu yang kental terasa.

Sup ayam Klaten dalam varian yang dipisah. (Tripadvisor.com)

Nggak ketinggalan, potongan seledri dan bawang merah goreng dibubuhkan sebagai pelengkap. Nah, gurih dan segarnya kuah sup ayam Klaten inilah yang menjadi salah satu daya tarik. Apalagi jika kamu menyantapnya dalam keadaan masih hangat. Slurrp!

Oya, ada beberapa pilihan sup yang bisa kamu pesan di warung sup ayam Klaten. Misalnya sup ayam biasa yang berisi campuran nasi dan daging ayam. Kamu juga bisa memesan varian sup dengan nasi dan potongan daging dipisah.

Beberapa bagian ayam yang bisa kamu pesan antara lain dada, paha atas, paha bawah, sayap, kulit, kepala, hati dan ampela, hingga uritan atau telur muda.

Pegawai warung sup ayam Klaten sigap meracik pesanan. (sportourism)

Harganya pun cukup bersahabat. Sup ayam biasa dihargai Rp 8.000 saja. Sedangkan sup ayam dengan aneka varian daging dihargai mulai Rp 13 ribu hingga Rp 21 ribu.

Jika pengin mencoba rasa sup ayam Klaten, lebih baik kamu datang lebih awal kalau nggak pengin kehabisan. Sup ayam Klaten lebih cocok disantap sebagai menu sarapan tuh. Nah, segera datangi cabang sup ayam Klaten terdekat gih! (IB10/E03)