Pedas, Asin, dan Manis, Berpadu Dalam Sedapnya Pindang Serani

Pedas, manis, dan asin. Ketiga rasa itu bakal kamu dapatkan saat mencicipi pindang serani, olahan ikan dari Jepara, Jawa Tengah. Sebenarnya, menggunakan bumbu-bumbu apa saja sih untuk mendapatkan ketiga rasa ini?

Pedas, Asin, dan Manis, Berpadu Dalam Sedapnya Pindang Serani
Pindang serani. (Pinterest)

Inibaru.id – Berada di wilayah yang dekat dengan laut menjadikan Kabupaten Jepara di Jawa Tengah memiliki pelbagai kuliner berbahan ikan. Nah, pindang serani adalah salah satu masakan harus kamu cicipi jika berkunjung ke kabupaten ini.

Meski dari segi penampilan mungkin terkesan biasa saja, rasa pindang serani mampu bikin kamu ketagihan, lo, apalagi kalau dimakan pada siang hari bersama nasi putih hangat. Hm, nikmat!

Menggunakan bahan-bahan rempah yang cukup melimpah, mulai bawang, serai, jahe, kemiri, merica, kunyit, lengkuas, hingga si asam belimbing wuluh dan asam jawa, berpadu dengan harumnya daun jeruk, makanan ini menawarkan tiga rasa yaitu pedas, manis, dan asin.

Kuah pindang serani memang cukup dominan rasanya. Sementara, untuk isiannya, kamu bisa memilih beberapa ikan laut semisal kakap atau bandeng. Jika nggak ada, kamu bisa menggantinya dengan ikan lain, kok.

Pindang Serani. (Twitter)

Siang yang panas bakal pas dengan kuah pindang serani yang asam, tapi menyegarkan. Dipadu dengan daging ikan yang umumnya telah sedikit empuk tapi tetap kenyal bikin pengin nambah terus!

Perpaduan bumbu seperti belimbing wuluh, asam jawa, dan daun jeruk juga menambah sensasi makanmu. Untuk mencicipi makanan ini, kamu bisa menemukannya di beberapa warung atau rumah makan. Salah satu warung yang menyediakan pindang serani adalah Warung Makan Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun.

Hm, jadi lapar nih! Kamu pengin mencicipi pindang serani juga? Kalau punya waktu berlibur, kunjungilah Jepara dan jangan lupa cicipi makanan ini ya! (IB15/E03)