Seblak, Kuliner Kekinian yang Jadi Favorit Anak Muda

Seblak, Kuliner Kekinian yang Jadi Favorit Anak Muda
Seblak menjadi salah satu kuliner favorit anak muda. (Instagram / @jktfoodseeker via Ayoindonesia)

Kuliner Indonesia nggak ada matinya deh kalau soal cita rasa pedas yang nampol. Salah satunya bisa kamu temui dalam seporsi seblak. Tekstur seblak yang kenyal dan kuah pedas semakin mantap ketika disantap bersama teman satu tongkrongan. 

Inibaru.id - Bagi orang Indonesia, makanan bercita rasa pedas memang menantang. Kamu tentu nggak asing lagi dengan aneka makanan yang bisa menggetarkan lidah hingga ubun-ubun seperti seblak. Teksturnya yang kenyal makin mantap dinikmati ketika masih hangat.  

Seblak dikenal sebagai makanan khas dari Kota Kembang Bandung. Tapi, sumber lain menyebutkan bahwa makanan favorit anak muda ini berasal dari Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah. Namun, di sana nggak dikenal dengan nama seblak, melainkan kerupuk godog. Maklum, bahan bakunya kerupuk yang direbus.

Selain di Desa Sumpiuh, hidangan serupa juga ada di Cianjur yang mana sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan. Dulu, makanan ini dinikmati masyarakat Cianjur kelas menengah ke bawah. 

Seiring waktu, orang makin variatif dalam mengkreasikan seblak. Seblak dengan tambahan telur, ayam, bakso, seafood, dan sosis dengan mudah ditemukan. Isian ini, turut menentukan harga seporsi seblak. Tersedia juga berbagai level kepedasan yang bisa kamu rekues.

Bumbu Khas

Kencur merupakan bumbu khas seblak yang nggak boleh terlewat. (via Tribunnews)
Kencur merupakan bumbu khas seblak yang nggak boleh terlewat. (via Tribunnews)

Sebagaimana makanan Indonesia lain, seblak kaya akan bumbu. Bawang merah, bawang putih, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa merupakan bumbunya. Eits, ada satu bumbu khas yang nggak boleh dilewatkan yaitu kencur. 

Semua bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu, kemudian ditumis bersama dengan kerupuk mentah yang telah direndam semalaman. Kalau nggak sempat merendam kerupuk, kamu bisa menyiramnya dengan air panas hingga teksturnya kenyal. Setelah itu, kerupuk siap diolah.

O ya, sekarang ini, seblak nggak cuma dapat dinikmati dalam bentuk kuah. Ada berbagai macam olahan seblak juga sudah banyak diproduksi, mulai dari seblak kering yang renyah dalam kemasan, hingga seblak dalam bentuk makanan ringan. Kamu juga bisa lo membeli seblak instan kalau nggak mau repot menyiapkan berbagai bahan.

Nggak sulit kok untuk menemukan olahan seblak. Kamu bisa menemukannya di berbagai aplikasi belanja maupun di minimarket terdekat. Banyaknya inovasi seblak ini nggak lepas dari kepopuleran seblak, Millens. Ada berbagai alasan mengapa seblak begitu digemari.

1. Kuliner pedas

Makanan yang satu ini memang sangat populer karena rasa pedasnya. Sebab kamu bisa menentukan sendiri level pedas sesuai dengan selera.

2. Kekinian

Meski ada yang mengatakan seblak ini lahir sebelum Indonesia merdeka, tapi aneka varian seblak membawanya ke puncak popularitas. Tak heran jika peminatnya banyak yang berasal dari kalangan muda. Biasanya, makanan ini dinikmati sebagai kudapan saat kongkow bareng teman.

3. Harga murah

Harga yang ramah kantong turut membuat kuliner ini ramai peminat. Di warung-warung pinggir jalan, kamu bisa menikmati seporsi seblak dengan harga murah. 

Hm, kalau kamu penggemar seblak juga nggak, Millens? (Oke/MG44/E05)