Sebatang Cokelat dengan Harga Bersahabat

Buat yang ngaku penggemar cokelat, kamu harus mencicipi cokelat yang satu ini. Menjadi ikon kuliner Yogyakarta, Coklat Monggo diincar wisatawan sebagai oleh-oleh.

Sebatang Cokelat dengan Harga Bersahabat
Lantaran rasa dan kemasannya yan menarik, Coklat Monggo menjadi salah satu produk cokelat lokal yang banyak diminati wisatawan sebagai oleh-oleh. (Spotunik.com)

Inibaru.idKalau kamu belum pernah cobain cokelat dengan isian rasa cabai, mungkin kamu harus mencicipi “Coklat Monggo”. Pernah tahu? Di samping varian rasa cabai, cokelat lokal buatan Yogyakarta ini juga memiliki beragam variasi rasa lain, seperti kopi dan kacang macadamia.

Cokelat yang dikemas dengan bungkus bernuansa klasik ini memang menarik. Nggak mengherankan jika Coklat Monggo yang berdiri sejak 2005 banyak dicari masyarakat, terutama wisatawan sebagai oleh-oleh.

Pabrik Coklat Monggo terletak di Jalan Dalem, Purbayan, Kotagede. Sebenarnya, agak berlebihan mengatakan tempat itu sebagai sebuah pabrik, lantaran sejatinya “pabrik” minimalis itu lebih menyerupai hunian pribadi ketimbang sebuah pabrik.

Baca juga:
Legenda Antariksa John Young Tutup Usia
Para Petarung di Pilkada Jateng 2018

Di rumah produksi mungil itulah Coklat Monggo dibuat. Buat kamu yang tertarik melihat pembuatan cokelat-cokelat tersebut, datanglah ke rumah mungil ini. Kamu bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan cokelat ini langsung dari dapurnya.

Nggak sulit kok menemukan rumah produksi tersebut. Dari makam Raja-raja Mataram di Kotagede, jaraknya nggak lebih dari 300 meter. Rumah Coklat Monggo didominasi warna krim. Rumah ini memiliki halaman yang cukup luas, dan terkesan teduh dengan rimbunnya pepohonan di sekitar rumah.

Seperti ditulis Tempo.co, Senin (8/1/2018), pabrik ini menyediakan tester dalam etalasenya yang bisa dicicipi pengunjung.

Coklat Monggo tersedia dalam tiga ukuran, yakni 40 gram, 80 gram, dan 100 gram. Untuk ukuran paling kecil terdapat 11 varian rasa isian, sementara ukuran 80 gram terdiri atas 16 varian rasa. Adapun untuk ukuran paling besar hanya terdiri atas tiga varian rasa.

Untuk varian rasanya, kamu bisa milih sejumlah variasi lo, Millens. Ada kacang mete, durian, kurma, mangga, kopi, hingga cabai. Selain itu, ada juga menu spesial di tempat ini, yakni cokelat pralin. Cokelat ini hanya dijual dalam showroom pabrik tersebut.

Baca juga:
Google Rayakan 25 Tahun Rafflesia Arnoldi
Kostum Hitam di Red Carpet Golden Globe Awards 2018

Gimana dengan harganya? Coklat Monggo cukup ramah di dompet kok, Millens. Ukuran cokelat paling kecil dibanderol mulai Rp 20-47 ribu. Sementara, ada juga harga paketan yang dihargai Rp 139-235 ribu.

Hm, bisnis cokelat sepertinya menarik ya, Millens! Ha-ha. (YFH/GIL)