Sate Kambing Hj Bejo, Kuliner yang Pantang Terlewat saat Mudik di Solo

Sate Kambing Hj Bejo, Kuliner yang Pantang Terlewat saat Mudik di Solo
Satai buntel, menu favorit di kedai Sate Kambing Hj Bejo, Solo. (Albertna)

Hampir empat dekade lamanya satai legendaris di Solo ini memenuhi ekspektasi para pelanggan setianya. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo pun menjadi pelanggan di sini. Yap, itulah Sate Kambing Hj Bejo.

Inibaru.id – Mengawali usaha pada 1970, Bejo sengaja menjajakan dagangannya dengan rute yang nggak menentu. Berjalan kaki sembari memikul dagangan, dia yang ditemani sang istri hanya punya satu tujuan: dagangannya lekas habis.

Kisah perjuangan pemilik Sate Kambing Hj Bejo itu begitu terkenal di Solo. FYI, peruntungan Bejo berjualan satai kian membaik setelah mereka pindah ke Jl Sungai Sebakung No 10, Kedung Lumbu (Lojiwetan Sangkrah), Pasar Kliwon, Solo, dan bertahan hingga kini.

Tampilan muka kedai Sate Kambing Hj Bejo. (Alamat-rumahmakan.blogspot)

Nah, buat kamu yang mudik ke Solo, pantang melewatkan menu kuliner yang jadi langganan Presiden RI Joko Widodo tersebut. Pelbagai olahan kambing bisa kamu nikmati, mulai dari satai biasa, satai buntel, gulai, tongseng, tengkleng, dan juga nasi goreng.

Namun, siap-siaplah mengantre! Rasa yang disuguhkan kedai makan ini memang begitu khas, sehingga membuat para pelanggannya bersedia antre untuk mendapatkan pesanan mereka. Ya, bumbu masakan di tempat tersebut memang nggak berlebihan, pas di lidah.

Sekadar saran, kalau pengin menu yang paling banyak dicari, cobalah tengkleng dan satai buntel. Khusus untuk yang terakhir, bumbunya memang begitu meresap lantaran proses pencelupan dan peresapan bumbunya dilakukan berkali-kali.

 

Menu di kedai Sate Kambing Hj Bejo. (Wisataindonesia)

Satai buntel biasa disajikan bersama nasi hangat dan bumbu kecap. Dagingnya yang empuk membuat siapapun dijamin pengin nambah. Oya, satu lagi yang istimewa dari menu ini adalah daging kambingnya nggak berbau prengus.

Duh, kebayang enaknya! Sate Kambing Bu Hj Bejo buka saban hari mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Seporsi satai kambing, satai buntel, dan tengkleng dibanderol dengan harga sekitar Rp 45 ribu per porsinya. (IB20/E03)