Camilan Teman Setia Ngeteh di Pekalongan: Glundung

Gorengan menjadi makanan yang sulit ditolak untuk sebagian orang. Nggak heran, makanan ini begitu mudah dijumpai di pelbagai tempat. Di Pekalongan, glundung menjadi salah satu jenis gorengan yang disukai orang. Seenak apa gorengan satu ini?

Camilan Teman Setia Ngeteh di Pekalongan: Glundung
Glundung. (Cintapekalongan)

Inibaru.id – Berbentuk bulat lonjong, empuk saat digigit, dan ada rasa manis gula aren di tengahnya, itulah glundung, camilan khas Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Menggunakan singkong sebagai bahan utama, gorengan ini menjadi teman favorit minum teh atau kopi masyarakat Kota Batik.

Dalam bahasa Jawa, glundung atau gelundung berarti menggelinding, sesuai dengan bentuk gorengan bulat ini. Pada umumnya, glundung berisi gula aren. Namun, kalau pengin bereksperimen, kamu bisa mengganti isinya dengan yang lain, semisal keju atau cokelat.

Glundung atau Misro di Bandung. (Resepkoki)

Tak sulit membuat glundung. Selain singkong sebagai bahan utama dan gula aren sebagai isian, bahan lain yang perlu kamu persiapkan adalah garam dan minyak goreng.

Singkong diparut, lalu bubuhi dengan garam secukupnya agar gurih, kemudian dibuat adonan. Setelah itu, ambil sedikit adonan, buat bulatan, dan isi dengan gula aren yang telah didisir. Terakhir, goreng adonan hingga menguning dan matang.

Glundung. (Youtube)

Gimana, mudah, bukan? Eh, tapi, kalau malas bikin sendiri, beli saja, Millens. Banyak yang menjualnya kok, dengan harga sekitar Rp 500 per buah. Murah dan mengenyangkan! (IB15/E03)