Santan Segar Vs Kemasan, Mana Lebih Oke?

Santan Segar Vs Kemasan, Mana Lebih Oke?
Mana yang lebih baik, santan segar atau santan kemasan? (Net via Tribunnews)

Memarut kelapa untuk mendapatkan santan segar bukanlah hal yang mudah. Karena itu, banyak orang memilih menggunakan santan instan. Tapi kira-kira mana yang lebih baik untuk melezatkan makanan? 

Inibaru.id - Santan kerap digunakan dalam resep makanan, khususnya masakan khas Nusantara. Ada begitu banyak makanan Indonesia yang musti ditambahi santan biar gurihnya mantap seperti gulai, opor, rendang, nasi gurih, dan lain-lain.

Nah, dua jenis santan yang banyak ditemui adalah santan segar dan santan kemasan. Hm, mana yang lebih baik di antara keduanya ya?

Kalau menurut pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo, santan segar dan santan kemasan sama kok baiknya. Perbedaan keduanya hanya terletak pada penggunaannya. Santan kemasan pabrik lebih mudah didapat dan praktis daripada santan segar.

"Ibu zaman sekarang kan harus bekerja dan menyiapkan makan untuk keluarga, waktunya terbatas, untuk mempercepat waktu ya pakai santan instan enggak masalah," kata Sisca.

Perempuan yang baru-baru ini meluncurkan buku kuliner tersebut menegaskan, nggak perlu khawatir akan kandungan santan kemasan yang umum diberi campuran bahan lainnya.

Mengolah kelapa untuk diambil santannya. (Shutterstock/Ika Rahma H via Kompas)
Mengolah kelapa untuk diambil santannya. (Shutterstock/Ika Rahma H via Kompas)

"Santan kemasan kan sudah ada izinnya dari BPOM, enggak usah takut karena pasti aman dikonsumsi," ujar Sisca dalam acara peluncuran buku terbaru miliknya, Rabu (25/5/2022).

Betewe, santan segar dan santan instan sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Traveling chef Wira Hardiyansyah berpendapat, santan segar memiliki cita rasa paling baik dan bisa digunakan untuk membuat semua makanan.

Sayangnya, penyimpanan santan segar nggak selama santan instan yang bisa mencapai satu tahun lamanya. Tapi, aroma santan segar cenderung lebih wangi dibandingkan dengan santan kemasan.

"Kalau santan murni atau alami dari aroma pasti lebih wangi, karena kalau santan instan olahan pabrik telah mengalami beberapa proses," kata Wira.

Kalau santan segar bisa dipakai untuk membuat semua sajian, menurut Wira, santan kemasan lebih cocok digunakan untuk membuat kudapan manis. Sebab, santan instan biasanya mengandung campuran sirup jagung yang dapat mengentalkan tekstur dan menambah cita rasa jadi sedikit lebih manis.

Wah, menarik ya informasi mengenai kedua jenis santan ini? Kalau kamu lebih suka pakai santan segar atau kemasan nih, Millens? (Kom/IB21/E07)