Menjelang Berbuka, Bikin Kepok Ketan Khas Banyumas, yuk!

Menjelang Berbuka, Bikin Kepok Ketan Khas Banyumas, yuk!
Kepok ketan. (Resepnusantara)

Beras ketan, garam, dan gula merah, dengan bahan-bahan yang sederhana, kepok ketan dibuat. Makanan khas Kabupaten Banyumas ini pun bisa menjadi "teman" membatalkan puasa. Seperti apa cara bikinnya?

Inibaru.id – Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu puasa. Sebagian orang lebih suka menghabiskan waktu dengan membaca buku, menonton kajian, hingga menyiapkan makanan untuk berbuka.

Bagi kamu yang suka bereksperimen, nggak ada salahnya mencoba resep-resep baru. Ada begitu banyak kuliner nusantara yang menggugah selera, salah satunya kepok ketan dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kepok ketan dengan serundeng. (Cookpad)

Kepok ketan memiliki rasa yang manis dan gurih. Lantaran terbuat dari beras ketan, makanan ini bisa jadi pengganjal perut. Selain enak, makanan ini pun relatif mudah dibikin, lo. Berikut cara membuat kepok ketan.

Bahan:

  • Beras ketan 400 gram
  • Air 200 mililiter
  • Kelapa parut
  • Gula merah
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Sebelum mengukusnya selama sekitar 15 menit, cuci dulu beras ketan hingga bersih, lalu sisihkan.
  2. Siapkan air dalam panci dan taburkan garam ke dalamnya, tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan beras ketan ke panci.
  3. Jika air sudah terserap dalam beras ketan, kukus beras selama 30 menit dan angkat. Bentuk beras ketan menjadi bulatan-bulatan.
  4. Supaya menambah rasa, taburkan gula merah dan kelapa parut di atasnya.

Kepok ketan biasa disantap bersama mendoan. (Grid.id)

Di Banyumas, kepok ketan biasanya disantap bersama mendoan. Jadi, setelah makanan ini selesai dibuat, kamu bisa menggoreng tempe supaya makanmu makin nikmat.

Yang penting, jangan makan berlebihan ya. Atur jedanya supaya nggak kekenyangan, lalu jadi ngantuk dan malas tarawih! He-he. (IB15/E03)