Sambal dan Kuah Dalam Sate Ayam Khas Blora, Nikmat Banget!

Sambal dan Kuah Dalam Sate Ayam Khas Blora, Nikmat Banget!
Sate ayam khas Blora. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Yang berkuah kuning nan lezat nggak hanya opor ayam dan sayur terik tahu tempe, lo. Sate ayam khas Blora, Jawa Tengah, juga memakai kuah kuning yang unik dan enak banget!

Inibaru.id – Satai di Indonesia umumnya menggunakan sambal kacang sebagai saus pelengkapnya. Penyajiannya pun cenderung "kering". Namun, ini berbeda dengan satai khas Blora, Jawa Tengah. Di tanah kelahiran Pramoedya Ananta Toer itu, satai juga dilengkapi dengan kuah kuning yang gurih dan cukup menggoyang lidah.

Unik dan enak, itulah satai Blora. Berbahan utama dada ayam yang dipotong dadu, satai ini memang berasa lebih gurih secara keseluruhan lantaran sebelum dibakar, satai terlebih dulu direndam dalam kaldu berbumbu. Bumbunya terdiri atas ketumber, jinten, bawang putih, garam, kecap, dan gula.

Satai ayam yang sudah dibumbui dan dipanggang (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Berbeda dengan satai Madura, satai Blora sudah lebih dulu dicelupkan ke dalam sambal kacang sebelum dibakar. Ini membuat satai itu lebih terasa bumbunya. Kemudian, alam penyajian, satai diletakkan di atas piring berisikan kuah kekuningan yang mirip opor ayam yang gurih.

Untuk membuat kuah satai Blora, bumbu utama yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit, dihaluskan, lalu ditumis bersama daun jeruk dan lengkuas. Bumbu itu kemudian diguyur air kaldu ayam dan santan. Jadi, deh!

Penyajian sate ayam khas Blora. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Sundari, salah seorang pekerja di Widhani Catering mengatakan, dalam penyajiannya, satai yang sudah diguyur kuah kuning kembali dibubuhi sambal kacang.

“Satai dicelup dulu di dalam sambal, lalu dipanggang. Setelah itu baru disajikan bersama kuah kuning dan sambal kacang lagi,” terangnya kepada Inibaru.id di Blora belum lama ini.

Nah, bayangkan betapa gurihnya satai Blora, Millens! Oya, satai ini nggak pedas, jadi kalau suka pedas, kamu bisa menambahkan irisan cabai yang biasanya disertakan saat penyajian. Kamu juga bisa menambahkan tauge rebus dan bawang goreng yang juga ada dalam penyajian. (Ayu S Irawati/E03)